Jangan Dibuang! Botol Oli Bekas Bisa Disulap Jadi Barang Baru yang Unik dan Berguna

Fathia Yasmine - Jumat, 28 Mei 2021 | 15:25 WIB
Dok. Shutterstock
Ilustrasi botol oli bekas

Motorplus-Online.com – Bagi pecinta otomotif roda dua, motor dengan performa mumpuni merupakan kebanggaan tersendiri. Selain menjadi tanda bahwa sang empunya telaten merawat, motor dengan performa kencang juga enak dikendarai.

Makanya, enggak heran kalau pemilik motor sering melakukan tune up rutin untuk melihat apakah ada komponen yang harus diganti atau setelan spare part yang berubah akibat pemakaian. Biasanya, tune up juga sering dilakukan bersamaan dengan jadwal ganti oli bulanan.

Bagi lo yang senang bereksplorasi dengan jeroan motor, melakukan tune up enggak selalu harus dilakukan di bengkel. Cukup bermodal ring, kunci pas, obeng, amplas, tester kompresi, hingga timing light, proses tune up bisa dilakukan sendiri  tanpa harus menunggu antrean di bengkel.

Sementara untuk ganti oli, lo cukup membeli oli baru sesuai dengan jenis motor yang dimiliki. Kegiatan ini juga cukup dilakukan setidaknya sebulan sekali jika kondisi motor dirasa enggak memiliki banyak keluhan.

Baca Juga: Pilihan Helm Retro Premium, Model Jadul Berteknologi MotoGP

Meski tune up dan ganti oli bisa jadi ajang mengasah skill sekaligus membunuh waktu, jangan lupa untuk membersihkan peralatan sekaligus botol oli bekas pakai. Pasalnya, jika dibiarkan menumpuk, botol-botol bekas tersebut akan memakan banyak tempat sekaligus menjadi sarang nyamuk di garasi.

Alih-alih dibiarkan menumpuk atau dibuang begitu saja, lo bisa memanfaatkan botol oli bekas menjadi barang baru yang juga berguna melalui prinsip Trash Properly. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut inspirasinya.

Rak buku

Bagi lo yang punya banyak buku tapi enggak punya tempat untuk menyimpannya, sulap botol oli bekas menjadi rak susun multifungsi. Dikutip dari laman Tribun Kaltim, bahan yang dibutuhkan untuk membuat kreasi ini adalah beberapa botol oli bekas, pisau cutter, dan spidol.

Lukislah pola membentuk rak buku menggunakan spidol, kemudian potong botol plastik sesuai pola tersebut. Agar sisi potongan tidak tajam, lo bisa menggunakan kikir atau amplas untuk menumpulkan ujung-ujungnya. Setelah selesai, bariskan botol-botol tersebut di atas meja lalu isi dengan buku.

Penulis : Fathia Yasmine
Editor : Agung Dwi Ertato

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA