Brandstory
Konten ini Merupakan Kerjasama MotorPlus Online dengan Marlboro

Motoflow by MotorPlus

Mengenal Konsep Trash Responsibilty dalam Dunia Fesyen

Fathia Yasmine - Kamis, 3 Juni 2021 | 10:16 WIB
Dok. Motoflow
Trens Trash Responsibility kini dilakukan melalui produk fesyen

Motorplus-Online.com – Dunia fesyen berkembang seiring dengan tren yang muncul di masyarakat. Biasanya tren silih berganti dengan cepat. Inilah alasan mengapa industri fesyen identik dengan bisnis fast fashion atau perubahan desain yang cepat dan mendadak.

Meski menguntungkan bagi pemain maupun penikmat fesyen, desain baju yang cepat kedaluarsa tanpa disadari memberi dampak negatif. Salah satunya, mengakibatkan tingginya penumpukan sampah pakaian, kerusakan lingkungan, hingga efek rumah kaca.

Beruntung, saat ini sudah banyak orang yang menyadari akan dampak negatif dari fast fashion dan menggantinya dengan filosofi keberlanjutan. Penggunaan item-item fesyen diiringi dengan kepedulian akan lingkungan dan prinsip Trash Responsibly.

Melalui filosofi tersebut, sebuah produk fesyen yang sudah tidak terpakai diubah menjadi produk yang tahan lama sehingga tidak lagi memberi dampak negatif pada lingkungan.

Baca Juga: Kaget, Parkir Bandara I Gusti Ngurah Rai Setara Harga Honda BeAT Bekas

Untuk membuktikan komintmen terhadap lingkungan, banyak brand ternama yang juga mulai mengadopsi prinsip Trash Responsibility.

Selain dilakukan oleh brand fesyen, lo juga bisa berkontribusi untuk menciptakan lingkungan yang jauh lebih baik. Sebagai referensi, berikut contoh penerapan Trash Responsibility di industri fesyen yang bisa lo coba.

1.Thrifting

Beberapa tahun belakangan, tren thrifting atau membeli pakaian bekas terus meningkat pesat. Baju yang sudah lusuh dan dianggap sudah tidak layak pakai, sekarang justru banyak diincar oleh banyak orang. Apalagi kalau kaos tersebut merupakan kaos bermerek atau vintage, harganya bisa naik berkali-kali lipat.

Berbeda dengan zaman dulu, adanya internet serta media sosial membuat kegiatan eksplorasi barang thrift menjadi lebih mudah. Cukup ketikan kata kunci, penjual barang thrift bisa ditemukan dengan mudah di e-commerce hingga Instagram.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Motoflow by MotorPlus
Penulis : Fathia Yasmine
Editor : Sheila Respati

YANG LAINNYA