Ini 5 Benda yang Bisa Dibuat dengan Memanfaatkan Limbah Ban Bekas

Nana Triana - Senin, 7 Juni 2021 | 16:03 WIB
Dok. Shutterstock
Pemanfaatan ban bekas untuk dijadikan pot bunga.

Motorplus-online.com - Ban merupakan komponen penting pada kendaraan. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin disalurkan dalam bentuk putaran ban untuk menggerakkan kendaraan. Tak hanya itu, ban juga menjadi penentu kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

Oleh sebab itu, ban dibuat dari material karet yang lentur, kuat, dan memiliki daya cengkeram cukup baik agar dapat meredam guncangan hingga risiko selip.

Namun, sebagai komponen yang bersentuhan langsung dengan permukaan aspal, ban jadi menjadi salah satu komponen yang paling sering diganti. Biasanya, setelah diganti ban bekas pakai sering diabaikan begitu saja di garasi. Bahkan, beberapa pengendara mungkin punya tumpukan beberapa ban yang sudah berdebu.

Selain membuat tampilan garasi jadi tidak apik, tumpukan ban bisa jadi sarang nyamuk. Sementara, banyak pengendara yang juga bingung, bagaimana cara membuang ban bekas. 

Baca Juga: Tantangan Pickers Store Untuk Menjadi Brand yang Trash Properly

Nah, berikut ini beberapa tips memanfaatkan ban bekas menjadi barang-barang yang berguna dengan prinsip Trash Properly. Apa saja? Simak ulasannya.

1. Pot tanaman

Saat ini tanaman hias sedang jadi tren. Buat lo yang ingin memelihara tanaman-tanaman hias tetapi tidak punya bidang tanah di pekarangan, pot bisa jadi solusi.

Enggak perlu beli pot baru. Manfaatkan ban bekas untuk membuatnya. Potong ban, balik, dan tekuk hingga membentuk lingkaran. Jadi, bagian bergeriginya ada di sisi dalam. Sebaliknya, bagian ban yang halus akan menjadi sisi luar pot.

Rekatkan dengan baut atau kawat. Sebagai alas, rekatkan kain jaring-jaring media tanam. Cat dan gambar sisi luar pot supaya tampilannya semakin menarik. 

Penulis : Nana Triana
Editor : Sheila Respati

Video Pilihan


YANG LAINNYA