Bikers Punya Usaha Bisa Dapat Bantuan Sampai Rp 20 Juta dari Pemerintah, Ini Syaratnya

Erwan Hartawan - Selasa, 15 Juni 2021 | 11:10 WIB
Kompas.com
Syarat bantuan Rp 20 juta dari pemerintah

MOTOR Plus-Online.com - Bikers punya usaha bisa dapat bantuan sampai Rp 20 juta.

Bantuan ini diberikan oleh pemerintah sebagai upaya peningkatan usaha ditengah pandemi covid-19.

Adapun bantuan tersebut yakni Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Program BIP 2021 dibuka untuk pelaku usaha yang berkecimpung dalam subsektor usaha tertentu, misalnya subsektor ekonomi kreatif (aplikasi, game, developer, kriya fesyen, kuliner dan film), 13 jenis usaha pariwisata sesuai UU No 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan, serta pelaku usaha di subsektor kuliner, kriya, fashion.

Baca Juga: Mau Bantuan Rp 1,2 Juta dari Pemerintah Masukkan Nomor KTP dari HP Apakah Kebagian

Baca Juga: Masih Dibuka Pendaftaran Bantuan Rp 1,2 Juta Sampai Tanggal Segini, Siapkan KK dan KTP

Mengutip dari Kompas.com, Terdapat dua jenis BIP dalam program ini, pertama adalah BIP Reguler dan BIP JPU (Jaring Pengaman Usaha).

Apa perbedaan keduanya?

Mengacu pada definisi yang tertera di Petunjuk Teknis BIP JPU, bantuan ini merupakan bantuan Pemerintah yang ditetapkan oleh PA (Pengguna Anggaran) dalam bentuk dana uang untuk penambahan modal kerja dan/atau investasi aktiva tetap dalam rangka membantu keberlangsungan usaha pelaku usaha parekraf, khususnya untuk bertahan menghadapi efek pandemi Covid-19.

Sementara BIP Reguler adalah jenis bantuan yang sama yang diberikan pada para pelaku usaha parekraf untuk meningkatkan kapasitas usaha/produksi pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif, jadi tidak terikat waktu pandemi.

Source : Kompas.com
Penulis : Erwan Hartawan
Editor : Indra GT

Video Pilihan




YANG LAINNYA

Tag Popular