Brandstory
Konten ini Merupakan Kerjasama MotorPlus Online dengan Marlboro

Motoflow by MotorPlus

Manfaatkan Wajan Bekas untuk Bikin Dop Velg yang Mewah

Nana Triana - Sabtu, 26 Juni 2021 | 12:55 WIB
Dok. Motoflow
Disc wheel cover atau dop velg ternyata bisa dibuat dari bahan perabotan rumah

MotorPlus-online.com - Buat para pencinta mobil klasik, pasti udah enggak asing lagi sama yang namanya disc wheel cover. Kadang juga disebut hubcap, moon disc, wheel cover, dan banyak sebutan lainnya. Kalau di Tanah Air benda ini akrab disebut dop velg.

Enggak cuma di mobil klasik, ternyata dop velg juga banyak dipakai di motor custom. Motor balap lurus atau biasa disebut drag race sampai motor dengan aliran chopper pun kerap menggunakan barang satu ini.

Sekadar informasi, untuk bisa dapetin satu set (kanan dan kiri) dop velg merek Amerika atau Jepang, kita perlu merogoh kocek cukup besar. Harga belum ditambah dengan ongkos kirim dan pajak.

Kalau mau pakai dop velg sepasang, untuk ban depan dan belakang, total uang yang dikeluarkan bisa mencapai kurang lebih Rp 6 juta, di luar biaya instalasi.

Baca Juga: Step-step Membersihkan Sampah Bengkel Setelah Kerja Seharian

Kalau kalian berat mengeluarkan uang segitu untuk sepasang dop velg, mungkin saatnya melihat ke sekeliling. Siapa tahu menemukan wajan berukuran sedang yang sudah tidak terpakai lagi.

Kita bisa Trash Responsibly dengan wajan tersebut dengan menyulapnya menjadi dop velg mewah yang diinginkan, lho.

Dok Motoflow
Dop velg juga bisa diaplikasikan pada motor custom.

Bagaimana caranya mengubah wajan bekas menjadi sebuah dop velg kece? Begini prosesnya.

Pertama, pastikan kalo bahan pembuat wajan tersebut tidak jauh berbeda dengan dop velg yang jadi incaran. Sebaiknya, pakai yang berbahan dasar alumunium atau stainless steel.

Kedua, Jika sudah menemukan wajan bekas yang cocok untuk Trash Responsibly dengan mengubahnya jadi dop velg, sesuaikan ukuran wajan bekas dengan spek ban motor kita.

Ketiga, pergi ke tukang bubut untuk membentuk wajan tersebut sesuai dengan yang kita inginkan. Kalau enggak menemukan tukang bubut, kalian bisa pergi ke tukang kenteng atau ketok untuk membentuk wajan jadi sesuai dengan keinginan.

Baca Juga: Punya Parts Bekas Ini Dirumah, Coba Manfaatin Jadi Barang yang Lebih Berfungsi

Keempat, finishing. Tahapan ini paling penting kalau mau semakin Trash Responsibly. Apabila menggunakan bahan wajan alumunium, poles agar tampilannya mengkilap atau brush agar lebih doff. Apabila bahan wajan berbahan stainless steel, lakukan krom ulang agar terlihat berkilau.

Nah, kalau sudah tahu cara dan pentingnya Trash Responsibly, hidup bisa lebih efisien biaya. Ubah kebiasaan beli dan lakukan sedikit effort untuk kreatif memanfaatkan barang yang ada di sekitar supaya Trash Responsibly.Mau tahu lebih tentang Trash Responsibly? Klik di sini.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Motoflow by MotorPlus
Penulis : Nana Triana
Editor : Sheila Respati

YANG LAINNYA

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.