Oli Bekas Jangan Langsung Dibuang Sob, Manfaatkan untuk 4 Hal Ini

Yussy Maulia - Minggu, 27 Juni 2021 | 11:30 WIB
Shutterstock

MOTOR Plus-Online.com - Mengganti oli secara berkala merupakan kewajiban bagi setiap pemilik kendaraan. Tujuannya, supaya mesin tetap bekerja optimal dan berkendara pun nyaman.

Ganti oli sebenarnya enggak harus di bengkel. Asalkan punya alat-alatnya, lo bisa ganti oli sendiri di rumah.

Cukup kuras oli yang lama dengan membuka lubang pembuangannya, kemudian isi dengan cairan oli yang baru.

Namun, oli bekas sebaiknya jangan dibuang sembarangan ke tempat sampah atau saluran air. Terapkan prinsip Trash Properly saat ganti oli. Ini karena limbah oli termasuk kategori bahan berbahaya dan beracun (B3). Artinya, limbah oli sebaiknya diolah terlebih dahulu.

Baca Juga: Jangan Dibuang! Botol Oli Bekas Bisa Disulap Jadi Barang Baru yang Unik dan Berguna

Bingung limbah oli tersebut mau diolah jadi apa? Simak penjelasan berikut. Selain nyaman berkendara, perasaan juga lebih tenang karena sudah Trash Properly.

1. Pengawet kayu

Oli bekas bisa dimanfaatkan sebagai cairan pelumas permukaan kayu. Fungsinya agar permukaan kayu enggak cepat rusak dan keropos.

Selain itu, kayu rentan dimakan rayap. Mengoleskan oli sebagai pelumas dapat menjaga kayu dari rayap-rayap yang bisa membuat kayu rapuh.

Caranya pun cukup mudah. Cukup oleskan oli bekas ke permukaan kayu secara merata, lalu diamkan hingga mengering.

Penulis : Yussy Maulia
Editor : Sheila Respati

Video Pilihan

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA