Terungkap Kode di STNK Kalau Motor Kena Pajak Progresif, Bikers Wajib Tahu Biar Gak Kurang Bawa Duitnya

Fadhliansyah,M. Adam Samudra - Selasa, 24 Agustus 2021 | 11:30 WIB
GridOto.com
Foto ilustrasi STNK. Terungkap Kode di STNK Kalau Motor Kena Pajak Progresif, Bikers Wajib Tahu Biar Gak Kurang Bawa Duitnya

MOTOR Plus-online.com - Jangan sampai kurang bawa duit saat bayar pajak motor, begini tanda motor yang terkena pajak progresif.

Brother yang punya motor lebih dari satu atau baru saja menjual motor, harus paham dengan yang namanya pajak progresif.

Pajak progresif akan diterapkan pada kendaraan bermotor yang memiliki kesamaan nama pemilik dengan alamat tempat tinggal pemilik.

Jadi, besaran biaya pajak akan mengalami peningkatan seiring bertambahnya jumlah kendaraan sehingga kendaraan pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya dikenai tarif berbeda.

Contohnya begini, brother menjual motor ke orang lain tapi tidak melakukan balik nama kepemilikan motor tersebut.

Nah maka pajak progresif akan ditanggungkan kepada pemilik lama, karena nama dan alamat tempat tinggal pemilik motor tersebut masih sama.

Artinya, jika pemilik kendaraan menjual kendaraan bermotor kepada orang lain, sebaiknya segera melakukan proses balik nama sehingga Anda tidak lagi membayar pajak progresif untuk kendaraan tersebut.

Adanya aturan mengenai pajak progresif pada kendaraan untuk wilayah Jakarta, sudah tertuang dalam Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 2 Tahun 2015.

Baca Juga: Jangan Asal Beli Motor Bekas, Cek Kode Ini di STNK Jika Merasa Keberatan Cepat Datangi Samsat Terdekat

Source : GridOto.com
Penulis : Fadhliansyah
Editor : Indra GT




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.