Jelang MotoGP Aragon 2021, Bukan Fabio Quartararo Malah Pembalap Ini Kandidat Juara

Joni Lono Mulia - Kamis, 9 September 2021 | 12:30 WIB
Box Repsol
Pembalap MotoGP Marc Marquez disebut-sebut kandidat juara MotoGP Aragon 2021 akhir pekan ini dan bukan Fabio Quartararo, kok bisa?


MOTOR Plus-online.com - Sirkuit MotoGP Motorland Aragon menggelar ronde ke-13 akhir pekan ini, (10-12/9/2021), ternyata pembalap Repsol Honda Team Marc Marquez yang disebut-sebut jadi kandidat juaranya.

Lo kok bukan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP)?

Secara di atas kertas Fabio Quartararo adalah pemuncak klasemen pembalap MotoGP 2021.

Yup, Fabio Quartararo mengantongi total 208 poin, unggul 65 poin dari Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) di urutan kedua klasemen pembalap MotoGP 2021.

Atau unggul 69 poin dari Johann Zarco (Pramac Racing) di posisi ketiga dan 70 poin dari Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) di peringkat 4.

Namun begitu, Fabio Quartararo malah berada di balik bayang-bayang Marc Marquez untuk urusan juara di MotoGP Aragon 2021, Minggu (12/9/2021).

Lo kok bisa?

Semua sangat mungkin dan bisa terjadi Marc Marquez yang digadang-gadang juara di MotoGP Aragon 2021 dan bukan Fabio Quartararo.

Baca Juga: Siapa Yang Terbaik Antara Marquez, Pedrosa, Stoner atau Lorenzo? Ini Kata Bos Honda

Baca Juga: Performanya di MotoGP 2021 Sering Ambyar, Marc Marquez Malah Bilang Begini

Fakta menunjukkan rasio kemenangan Marc Marquez di MotoGP Aragon di sirkuit Motorland Aragon akhir pekan ini lebih meyakinkan ketimbang Fabio Quartararo.

Marc Marquez punya rekor kemenangan jos banget di MotoGP Aragon.

Pembalap Repsol Honda Team Marc Marquez mengoleksi 5 kali juara MotoGP Aragon.

Marc Marquez jadi juara MotoGP Aragon musim 2013, 2016-2019.

Selain itu, sejak sirkuit MotoGP Aragon didaulat jadi host MotoGP di 2010 silam.

Baca Juga: Jelang MotoGP Aragon 2021, Fabio Quartararo Gak Peduli Soal Murid Rossi Di Tim Pabrikan

Motor MotoGP Honda tercatat jadi amunisi paling banyak juara di MotoGP Aragon.

Motor MotoGP Honda sudah mengoleksi 7 kali menang di sirkuit Motorland Aragon yang memilik panjang lintasan 5,078 km itu.

Pembalap MotoGP yang berkontribusi dengan dominasi motor Honda di MotoGP Aragon adalah Casey Stone (2011); Dani Pedrosa (2012) dan Marc Marquez (2013, 2016-2019).

Sementara itu, motor MotoGP Yamaha jadi motor kedua paling banyak juara berkat Jorge Lorenzo (2014-2015).

Baca Juga: Senggolan Marc Marquez Vs Jorge Martin Di MotoGP Inggris 2021 Belum Diusut, Sengaja?

Disusul motor MotoGP Honda dan Suzuki mengoleksi sekali juara di MotoGP Aragon lewat pembalap Casey Stoner (2010) dan Alex Rins (2020).

Fakta pendukung lain Marc Marquez digadang-gadang juara MotoGP Aragon 2021 adalah lay-out atau karakter sirkuit MotoGP Motorland Aragon yang arahnya berlawanan arah jaruh jam alias anti-clockwise.

Marc Marquez tercatat pembalap MotoGP yang paling banyak menang di trek dengan lay-out berlawanan arah jarum jam atau anti-clockwise.

Terbukti dari sirkuit MotoGP dengan arah berlawanan arah jarum jam atau anti-clockwise, seperti Circuit of The Americas, Austin Texas (Amerika Serikat), Sachsenring (Jerman), Motorland Aragon dan Ricardo Tormo Valencia (Spanyol).

Rekor kemenangan Maverick Vinales cukup fantastis, tak pelak Marc Marquez disebut-sebut bisa juara di MotoGP Aragon 2021.

Baca Juga: Ada Inisial MM Di Helm, Aleix Espargaro Diam-diam Fans Marc Marquez?

Tak hanya itu, Marc Marquez menyodorkan dirinya pembalap rajanya sirkuit anti-clockwise.

Tengok MotoGP Jerman 2021 di sirkuit Sachsenring (20/6/2021) dengan kondisi belum begitu prima dengan cedera humerus kanannya.

Marc Marquez berhasil menggondol kemenangan pertama di MotoGP 2021 di sirkuit Sachsenring Jerman yang lay-out treknya berlawanan arah jarum jam (anti-clockwise).

Meski demikian, Marc Marquez tidak mau besar kepala terkait dirinya jadi kandidat kuat juara MotoGP Aragon 2021.

Marc Marquez tetap bersikap rendah hati dan mewaspadai semua rival yang ada, termasuk juga pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP Fabio Quartararo.

Baca Juga: Hasil Balap MotoGP Inggris 2021, Marc Marquez Crash, Fabio Quartararo Juara

"Sirkuit Motorland Aragon memang trek yang saya suka dan juara di musim-musim lalu," celoteh Marc Marquez.

"Bukan berarti bisa berharap dengan hasil bagus di masa lalu karena musim 2021 kami hadir dengan kondisi jauh berbeda," imbuhnya.

"Kami harus melakukan pendekatan berbeda mulai dari latihan resmi 1 (FP1) dengan sebaik-baiknya."

"Senang bisa balapan di sirkuit Motorland Aragon, semoga bisa memberikan hasil terbaik di balapan MotoGP Aragon 2021 ini," pungkas Marc Marquez.

Marc Marquez memang membuktikan dirinya raja sirkuit MotoGP Motorland Aragon, tapi dirinya tidak ingin besar kepala dan tetap berusaha mengeluarkan performa terbaiknya mulai dari latihan resmi pertama hingga balapan.

Baca Juga: Pole Position Di MotoGP Inggris 2021, Pol Espargaro: Marquez Pasti Iri

Penasaran dengan penampilan Marc Marquez di MotoGP Aragon 2021, kira-kira mampu tidak dirinya mewujudkan ekspkektasi fanatikan MotoGP jadi juara?

Jangan lewatkan MotoGP Aragon 2021, Minggu (12/9/2021) pukul 19:00 WIB.

Penulis : Joni Lono Mulia
Editor : Joni Lono Mulia

Video Pilihan



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

Tag Popular