Resmi Mulai Tanggal Segini Tilang Uji Emisi Berlaku, Bikers yang Motornya Gak Lulus Akan Didenda

Fadhliansyah - Kamis, 28 Oktober 2021 | 10:00 WIB
Twitter/TMCPoldaMetro
Ilustrasi. Resmi Mulai Tanggal Segini Tilang Uji Emisi Berlaku, Bikers yang Motornya Gak Lulus Akan Didenda


MOTOR Plus-online.com - Resmi mulai tanggal segini tilang uji emisi berlaku, bikers yang gak lulus uji emisi akan didenda.

Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Perhubungan (Dishub), sudah melakukan sosialisasi terkait sanksi tilang yang dilaksanakan selama 30 hari.

Dan ditetapkan mulai 13 November 2021 mendatang, motor dan mobil yang gak lulus uji emisi di Jakarta akan ditilang.

Menurut penuturan Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo, sosialisasi ini digelar sejak 12 Oktober sampai 12 November 2021.

Jadi buat brother yang punya kendaraan bermotor yang usianya sudah lebih dari tiga tahun, wajib melakukan uji emisi.

"Nanti akan dilakukan penegakan hukum secara tegas berupa tilang oleh pihak kepolisian. Pemberlakuan penegakan hukum berupa tilang dan pengenaan sanksi denda administrastif akan dilakukan mulai 13 November 2021,” kata Syafrin dalam keterangan resminya, Selasa (26/10/2021).

Diketahui denda maksimal bagi kendaraan yang tidak lulus uji emisi adalah Rp 250 ribu untuk motor, dan Rp 500 ribu untuk mobil.

Syafrin mengatakan, penerapan sanksi tilang atau penegakan hukum bagi kendaraan di Jakarta yang belum atau tak lulus uji emisi dilandasi dari Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor pada Pasal 2 ayat (1) dan Pasal 2 ayat (2), yakni:

Baca Juga: Trik Ampuh Lulus Uji Emisi Motor di Jakarta, Dijamin Aman Gak Ditilang

Source : Kompas.com
Penulis : Fadhliansyah
Editor : Indra GT

Video Pilihan



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

Tag Popular