Advertorial

Eksis Hingga Sekarang, Ini Sejarah Kawasaki Ninja 250 Series

Nana Triana - Senin, 8 November 2021 | 11:41 WIB
Dok. Kawasaki Indonesia
Deretan motor Kawasaki Ninja

MotorPlus-Online.com – Sejak diluncurkan pada 2008, Kawasi Ninja 250 menjadi pionir motor sport full fairing di Tanah Air. Saat itu, Kawasaki Ninja menjadi satu-satunya motor sport yang dilengkapi mesin berkapasitas 250 cc dua silinder.

Oleh sebab itu, kehadiran Kawasaki Ninja 250 di Indonesia menarik perhatian masyarakat, khususnya para pencinta motor sport. Bahkan, saking terkenalnya terjadi sebuah fenomena di mana masyarakat awam menyebut semua tipe motor sport full fairing dengan nama Ninja.

Selain itu, Ninja 250R memiliki desain sporty yang mudah dibedakan dengan motor sport lainnya, yakni model headlamp menyiku tajam. Raungan suara mesinnya yang gahar dan agresif juga sangat khas.

Pada 2012, Kawasaki kembali meluncurkan Ninja 250 dengan sistem pengabutan injeksi. Tidak hanya itu, sejumlah pembaruan pun disematkan salah satunya, desain yang jauh lebih sporty lewat penggunaan fairing bersudut tajam dan headlamp split sekilas mirip saudara besarnya, Ninja ZX-6R.

Baca Juga: Kawasaki Ninja ZX-25R Bisa Dibawa Pulang, Cicilan Mulai Rp 2 Jutaan

Model inilah membuat Ninja 250 semakin digandrungi di kalangan remaja. Bahkan, saking populernya menginsipirasi salah satu musisi daerah membuat lirik lagu "Jare Nek Ra Ninja Ra Oleh Dicintayang jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia lirik tersebut memiliki arti “katanya kalo bukan Ninja enggak boleh dicinta”.

Satu tahun berselang, Kawasaki juga memperkenalkan Ninja 250SL. Ninja 250 ini juga dikenal dengan nama Ninja Mono. Meski mengadopsi mesin satu silinder motor ini tetap memiliki performa mumpuni.

Kemudian, pada 2017, Kawasaki Indonesia kembali meluncurkan New Ninja 250. Motor ini disematkan berbagai ubahan yang cukup menonjol.

Salah satunya, mengadopsi lampu light-emitting diode (LED) yang modern. Selain itu, New Ninja 250 mengusung mesin generasi terbaru dengan throttle body downdraft berdiameter 32 milimeter (mm) dan air box yang lebih besar.

Performa New Ninja 250 juga mengalami peningkatan. Jika seri sebelumnya punya tenaga maksimal 30 dk, New Ninja 250 mampu mencapai 38,4 dk. Pada bagian sasis, New Ninja 250 didesain menyerupai H2 dengan swing-arm yang lebih ringan. Tidak ketinggalan, area kopling dilengkapi assist dan slipper clutch.

Penulis : Nana Triana
Editor : Yohanes Enggar

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.