MotoGP Indonesia 2022 Semakin Dekat, Menparekraf Sandiaga Uno Prediksi Kedatangan Ratusan Ribu Wisatawan

Fadhliansyah - Selasa, 11 Januari 2022 | 07:00 WIB
WorldSBK
Setelah WorldSBK 2021, Sirkuit Mandalika jadi tempat berlangsungnya MotoGP Indonesia 2022.

MOTOR Plus-online.com - MotoGP Indonesia 2022 semakin dekat, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno prediksi kedatangan 100 ribu wisatawan.

Seperti diketahui, pada 18-20 Maret 2022 mendatang MotoGP Indonesia akan digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Karena hal itulah Sandiaga Uno memprediksi kedatangan banyak wisatawan asing dan juga domestik di Lombok, NTB.

Dan dengan prediksi tersebut, ia mengatakan bahwa angka itu melebihi dari total kapasitas penginapan yang tersedia.

"Akomodasi hotel dan penginapan di destinasi Lombok hanya 23 ribu unit per Desember 2021. Data yang kami kumpulkan dari asosiasi hotel di Mataram, kamar sudah terpesan 90 persen untuk MotoGP," ujar Sandiaga dalam keterangannya, Senin (10/1/2022).

Sandiaga menuturkan mayoritas wisatawan berasal dari dalam negeri. Sedangkan 50 persen kemungkinan merupakan wisatawan asal NTB sehingga kekurangan akomodoasi saat ini tidak menjadi masalah.

Lebih lanjut, Sandiaga menyampaikan terdapat 2.758 kamar hotel yang terdaftar dalam asosiasi di Mataram yang menjadi merupakan ibu kota NTB memiliki total.

Kemudian, tingkat okupansi hotel dipastikan akan mencapai 100 persen pada perhelatan MotoGP yang berlansung pada 18-20 Maret 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Baca Juga: Polisi Gelar Razia Kendaraan Jelang Tes MotoGP Indonesia 2022 Di Sirkuit Mandalika

Melihat tingginya potensi kunjungan tersebut, Sandiaga mendorong agar sarana hunian pariwisata yang dibangun oleh Kementerian PUPR dapat segera tuntas dan dapat mengakomodasi para kunjungan wisatawan.

"Ada 300 sarana hunian atau homestay yang sedang disertifikasi CHSE," ungkapnya.

Mantan Wagub DKI Jakarta ini menambahkan kerja sama dengan antara pengelola sirkuit dengan Boboxbox dan Eiger juga dijalin untuk mendukung fasilitas glamping di kawasan Mandalika.

Sedangkan, Kementerian Perhubungan turut mengakomodasi persiapan kapal-kapal milik PT Pelni dan swasta untuk menjadi tempat penginapan.

"Di Bali, juga ada banyak kamar hotel yang bisa menamping. Penerbangan Lombok-Bali dalatm satu paket wisata juga sudah disiapkan sehingga bisa ikut menampung pengunjung wisatawan," ungkap Sandiaga.

Sandiaga juga memastikan Kemenparekraf bersama Pemerintah Provinsi Bali serta ITDC selaku pengelola Mandalika akan mempersiapkan ajang balap motor dunia bergengsi itu dengan optimal.

Sebab, ajang tersebut akan sangat mendukung pemulihan pariwisata nasional di tahun ini.

Di sisi lain, produk-produk lokal yang dikembangkan UMKM pun memiliki kesempatan untuk memanfaatkan potensi pasar yang ditimbulkan dari pergerakan wisatawan di Lombok.

Baca Juga: Wuih Mantan Panglima TNI Cek Kesiapan MotoGP Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika

Sebelumnya, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau ITDC telah membuka loket penjualan tiket yakni untuk kelas premium grandstand sebanyak 22.056 tiket, premiere class sebanyak 900 tiket dan deluxe class 2.000 tiket.

Penjualan tiket premiere class yang seharga Rp15 juta per kursi telah habis terjual hanya dalam waktu beberapa jam setelah loket penjualan dibuka.


Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kebut Kesiapan Penginapan, Sandiaga Uno Prediksi MotoGP Mandalika Bakal Menarik 100 Ribu Wisatawan

Source : Tribunnews.com
Penulis : Fadhliansyah
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.