Trek Balapan Resmi yang Disiapkan Polda Metro Jaya Sudah Dites Pembalap, Minta Ini Diperbaiki

Fadhliansyah - Selasa, 11 Januari 2022 | 08:45 WIB
WARTA KOTA/JUNIANTO HAMONANGAN
Trek Balapan Resmi yang Disiapkan Polda Metro Jaya Sudah Dites Pembalap, Minta Ini Diperbaiki

MOTOR Plus-online.com - Trek balapan resmi yang disiapkan Polda Metro Jaya sudah dites pembalap, ini kekurangannya.

Brother pasti sudah tahu, kalau Polda Metro Jaya akan memfasilitasi para pelaku balap liar dengan menggelar kegiatan street race yang legal.

Hal ini dilakukan tentu saja untuk mengurangi atau malah menghilangkan kebiasaan balap liar di DKI Jakarta.

Nah terkait hal itu, uji coba lokasi street race Polda Metro Jaya pun dilakukan di Jalan Inspeksi Kali Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, pada Senin (10/1/2021) kemarin.

Seorang pembalap bernama Angga Abdillah yang menggunakan perlengkapan safety riding pun melakukan pengetesan di trek tersebut.

Ia memacu motornya dengan kecepatan tinggi di jalanan sepanjang 1,1 km, di antara Gerbang Barat dan Gerbang Timur Taman Impian Jaya Ancol.

Sebelumnya pihak kepolisian dari Satuan Lantas Wilayah Jakarta Utara terlebih dahulu menutup setiap ujung jalan untuk mengantisipasi adanya warga melintas selama uji coba berlangsung.

Setelahnya ia berdiskusi dengan perwakilan dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) maupun kepolisian perihal kondisi jalanan. Hasilnya ada ditemukan kondisi jalan yang bergelombang.

Baca Juga: Jelang MotoGP Indonesia 2022, Marc Marquez Tulis Preseason, Kode Balapan di Sirkuit Mandalika?

Wakil Ketua Umum IMI Mobility Rifat Sungkar mengatakan secara lokasi dan panjang lintasan, Jalan Inspeksi Kali Ancol cocok dijadikan lokasi perhelatan street race oleh Polda Metro Jaya.

"Sebenarnya jalannya cukup, tapi karena sudah berapa lama nggak dipakai jadi ada gelombang, bumpy-bumpy yang perlu ditutup," kata Rifat.

Untuk itu kondisi jalan masih harus dibenahi oleh instansi terkait dikarenakan kerusakan-kerusakan kecil hingga besar yang mesti segera diperbaiki agar siap digunakan saat balapan resmi.

"Makanya Pemda DKI juga kami undang ke sini untuk melihat lokasi apakah kegiatan ini bisa masuk pemeliharaan supaya jalanannya mulus sesuai harapan kita semua," sambungnya.

Kasat Lantas Wilayah Jakarta Utara Kompol Gusti mengatakan kegiatan ini untuk menangkap semua aspirasi untuk memberikan edukasi pemahaman keselamatan dan kepentingan masyarakat harus seimbang.

“Sehingga pihak komunitas mencoba melakukan komunikasi dialog dengan jajaran kepolisan untuk mencari solusi mmenciptakan kamtibmas dan untuk mencari talent dan sebuah prestasi,” ujar Gusti.

Sementara Angga menilai kondisi calon lokasi street race itu masih harus diperbaiki lantaran bergelombang dan sangat berdampak terhadap motor dengan ban kecil.

"Kalau ban kecil lumayan, bumpy (bergelombang) berasa kalau buat ban kecil. Motornya itu rawan kepental. Kalau ban gede nggak ada masalah," kata Angga.


Artikel ini telah tayang di WartaKotalive.com dengan judul Uji Coba Tempat Street Race yang Digagas Polda Metro, Pebalap Temukan Jalan Bergelombang

Source : Wartakotalive.com
Penulis : Fadhliansyah
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.