Street Race Ancol Ramai Peminat, Polda Metro Jaya Sebut Lokasi Balap Liar Mulai Sepi

Fadhliansyah - Jumat, 21 Januari 2022 | 20:31 WIB
Indra/MOTOR Plus
Ilustrasi Street Race Polda Metro Jaya. Street Race Ancol Ramai Peminat, Polda Metro Jaya Sebut Lokasi Balap Liar Mulai Sepi

MOTOR Plus-online.com - Street race Ancol ramai peminat, Polda Metro Jaya sebut lokasi balap liar mulai sepi.

Seperti yang brother ketahui, Polda Metro Jaya bersama Ikatan Motor Indonesia (IMI) memang memfasilitasi para pelaku balap liar.

Dengan menggelar ajang balap resmi yang bernama street race, yang digelar di kawasan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

Nah ajang street race yang digelar pada pekan lalu (16/1/2022) itu diklaim sukses, salah satunya karena pesertanya penuh yaitu 350 starter.

Dengan kesuksesan tersebut, polisi mengatakan bahwa ajang tersebut bisa menurunkan angka balap liar di DKI Jakarta.

Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, mengatakan, lokasi-lokasi balap liar yang biasanya ramai saat malam hari kini berangsur kosong.

“Lumayan turun (yang balap liar). Saya kan suka monitor, para Kasat laporan kalau malam, udah kosong,” kata Sambodo dikutip dari Kompas.com (19/1/2022).

“Dan mungkin mereka lama-lama malu sendiri. Dan kalau masih ada yang balapan liar, nanti mereka bisa di-bully sama komunitasnya sendiri. Jadi, ya sudah enggak usah balapan liar, sudah disiapkan kok sama Polda,” lanjut dia.

Baca Juga: Asyik, Street Race Akan Diadakan di Depok, Tangsel, dan Bekasi, Arena Balap Bakal Disiapkan

Meski telah menggelar street race buat komunitas motor, polisi tetap melakukan tindakan preventif, dengan melakukan razia di lokasi-lokasi rawan balap liar.

“Patroli malam masih ada, jadi tiga upaya kepolisian mulai dari preemtif, preventif, dan represif tetap dilaksanakan. Artinya preemtif seperti yang dilakukan kemarin tetap, sosialisasi bahaya balapan liar, menyiapkan sarana itu preemtif,” ucap Sambodo.

“Preventifnya, lokasi-lokasi yang menjadi sering diadakan balap liar tetap kami adakan patroli. Represifnya penegakan hukum,” ujarnya.

Sambodo juga mengatakan, polisi tetap menindak para remaja yang melakukan balap liar secara ilegal sambil menutup jalan.

“Kalau memang ada yang balapan liar, pasti kami tindak. Jadi polisi dalam menyelesaikan suatu masalah, pasti dia main di tiga itu,” tutup dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Meski Street Race Sukses, Polisi Tetap Lakukan Patroli Balap Liar"

Source : Kompas.com
Penulis : Fadhliansyah
Editor : Ahmad Ridho

Video Pilihan



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

Tag Popular