Terungkap Dan Gak Penasaran Lagi, Bensin Motor MotoGP Ternyata Beda Dengan BBM Yang Dijual Di SPBU

Joni Lono Mulia - Kamis, 27 Januari 2022 | 22:55 WIB
HRC
Terungkap bensin motor MotoGP ternyata berbeda dengan BBM yang dijual di SPBU, fakta bicara

MOTOR Plus-online.com - Terungkap dan jadi gak penasaran, bensin atau bahan bakar minyak (BBM) motor MotoGP beda dengan BBM yang dijual di SPBU.

Jelang MotoGP 2022 Indonesia di sirkuit Mandalika Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat (NTB), terungkap motor MotoGP gak bisa pakai BBM yang dijual di pom bensin atau SPBU.

Sudah bukan rahasia lagi, motor MotoGP merupakan motor prototipe yang seluruh komponennya tidak diproduksi massal atau dijual umum.

Termasuk juga dengan BBM atau bensin motor MotoGP yang dipakai, gak bikin penasaran bikers lagi.

Ternyata bensin motor MotoGP itu berbeda dengan BBM yang dijual di SPBU.

Memang beberapa tahun belakangan, melihat BBM yang dijual SPBU pemerintah dan swasta di Indonesia sudah mengadopsi teknologi tinggi.

Hal itu disesuaikan dengan teknologi mesin motor terkini dan juga peduli akan lingkungan hidup alias menekan polusi udara.

Sah-sah saja kalau menganggap bensin motor MotoGP sama dengan BBM yang dijual di SPBU.

Fakta bahan bakar yang dipakai motor MotoGP ternyata lain dengan BBM yang dijual di SPBU.

Baca Juga: Sirkuit Mandalika Kembali Masuk Dalam Kalender Balap Internasional, Balap Apa Tuh?

Angka RON Bensin Motor MotoGP Beda Dengan BBM Dijual Di SPBU

Merunut regulasi teknis motor MotoGP yang dikeluarkan Induk Balap Motor Dunia (FIM) bahwa angka Research Octane Number (RON) bensin yang digunakan untuk motor MotoGP bisa mencapai RON 102.

Angka RON bensin motor MotoGP itu lebih tinggi dari BBM yang dijual di SPBU, lebih tinggi dari produk BBM non-subsidi Pertamax Turbo dan Shell V-Power Nitro Plus yang di angka RON 98.

Kenapa bensin motor MotoGP di angka RON 102 karena kebutuhan motor yang memerlukan karena motor MotoGP butuh kompresi dan putaran mesin yang tinggi.

Source : Berbagai Sumber
Penulis : Joni Lono Mulia
Editor : Joni Lono Mulia

Video Pilihan



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

Tag Popular