Siapin Jas Hujan, BMKG Rilis Daftar Wilayah yang Berpotensi Dihantam Cuaca Ekstrem

Erwan Hartawan - Selasa, 15 Februari 2022 | 07:30 WIB
Kompas.com
Ilustrasi siapin jas hujan, BMKG rilis daftar wilayah berpotensi dihantam cuaca ekstrem

MOTOR Plus-Online.com - Bikers wilayah ini sebelum beraktivitas keluar rumah sebaiknya menyiapkan jas hujan.

Terbaru, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BKMG) memberikan peringatan dini cuaca ekstrem yang akan terjadi di berbagai wilayah Indonesia.

Diperkirakan cuaca ekstrem bakal terjadi 3 hari berturut-turut, yaitu 14 – 16 Februari 2022.

Peringatan dini cuaca eksrem tersebut berupa potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang dan hujan yang dapat disertai kilat.

Sementara itu, BMKG juga menunjukkan adanya sirkulasi siklonik di perairan barat Aceh dan di utara Papua yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang di Samudra Hindia Barat Aceh-Sumatera Utara dan di Samudra Pasifi utara Papua.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari Riau hingga Aceh, dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Barat, di Jawa Timur, di Sulawesi bagian tengah, dari Maluku hingga Papua Barat, dan di Papua, serta daerah pertemuan angin (konfluensi) terpantau di pesisir barat Bengkulu hingga selatan Jawa Barat.

Adapun wilayah yang berpotensi dihantam cuaca ekstrem sebagai berikut:

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin:

Baca Juga: Gak Sanggup Cuaca Panas di Sirkuit Mandalika, Alex Rins Malah Berendam di Sini

- 15 Februari 2022: Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Source : Kompas.com,BMKG
Penulis : Erwan Hartawan
Editor : Indra GT




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.