Bikers Kurang Setuju BPJS Kesehatan Jadi Syarat Bayar Pajak Motor dan Perpanjang SIM

Ahmad Ridho - Sabtu, 12 Maret 2022 | 12:40 WIB
Dok AYO
Bikers dari Association Yamaha Owners (AYO) rata-rata kurang setuju dengan rencana BPJS Kesehatan jadi syarat mengurus pajak motor.

MOTOR Plus-online.com - Bikers menolak BPJS Kesehatan jadi syarat urus pajak motor dan perpanjangan SIM.

Belakangan ramai wacana membayar pajak motor termasuk perpanjang atau bikin SIM baru harus memiliki BPJS Kesehatan.

Adanya aturan baru dalam memperpanjang STNK wajib ada kartu BPJS kesehatan sesuai instruksi Presiden Joko Widodo.

Peraturan tersebut berupa Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional.

Kasubdit STNK Ditregident Korlantas Polri Kombes Pol M. Taslim Chairuddin menyebut sesuai instruksi itu, dalam pelaksanaannya ada beberapa proses yang harus dilakukan Korlantas Polri.

"Untuk itu perlu mengubah regulasinya terlebih dahulu, khususnya Perpol nomor 7 tahun 2021 tentang Regident Ranmor, untuk menambah persyaratan layanan regident ranmor dengan kartu peserta aktif BPJS," kata Taslim, Selasa (22/2/2022) lalu.

Kata Taslim, setelah regulasi siap, khusus layanan STNK perlu adanya koordinasi dengan Kemendagri terkait implementasinya.

"Terkait dengan bagaimana implementasinya oleh karena ketika layanan STNK kita tolak/ tunda jika belum ada kartu BPJS, akan berdampak pada keterlambatan pembayaran pajak," ucapnya.

Baca Juga: Rencana BPJS Kesehatan Jadi Syarat Mengurus Pajak Motor atau Bikin SIM, Polisi Libatkan Kemendagri

Baca Juga: Keren, Komunitas Ini Bantu Bikers dan Pengendara Lain yang Trouble di Jalanan Jogja Gratis! 

Penulis : Ahmad Ridho
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.