Video Canggihnya Race Control Sirkuit Mandalika, Ada 40 Kamera Cuy!

Indra Fikri - Minggu, 13 Maret 2022 | 18:59 WIB
Youtube.com/Harian Kompas
Video canggihnya ruangan Race Control di sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, punya 40 kamera yang bisa berputar 360 derajat, cuy!

MOTOR Plus-online.com - Video canggihnya ruangan Race Control di sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, punya 40 kamera yang bisa berputar 360 derajat, cuy!

Dari ruangan Race Control, seluruh kejadian di trek bisa dipantau tanpa terputus, dan tangkapan video bisa diperbesar untuk mengamatinya lebih detail.

Di ruangan ini, Direktur Balapan akan memutuskan apakah balapan dinyatakan berstatus bendera merah, kuning, atau hijau.

Jika balapan dinyatakan bendera kuning, misalnya karena ada pembalap yang terjatuh, Direktur Balapan akan memerintahkan clerk of the course (CoC) berkomunikasi dengan flag marshal di lapangan untuk mengibarkan bendera kuning.

Instruksi juga diberikan kepada marshal rescue yang bertugas menolong pembalap yang terjatuh, serta membersihkan lintasan dari serpihan atau pecahan bodi motor.

Koordinasi terus berlanjut ke petugas evakuasi motor untuk dibawa kembali ke paddock melalui service road luar.

Demikian juga petugas evakuasi pembalap, biasanya menggunakan motor untuk membonceng pembalap kembali ke pit atau paddock tim.

Jika pembalap mengalami cedera serius, chief of medical yang memantau balapan dari Race Control akan menginstruksikan ke petugas medis untuk mengevakuasi menggunakan ambulans.

Baca Juga: 2 Sosok Penting Di Balik Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika, Sempat Pesimis Selesai Tepat Waktu

Baca Juga: Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika Diawasi Pakar Aspal Sirkuit Kelas Dunia

Dalam kondisi darurat, helikopter bisa disiagakan mengevakuasi pembalap ke rumah sakit rujukan.

Source : kompas.id
Penulis : Indra Fikri
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.