Video Warga Gelar Ritual Bejambek di Bawah Patung Jokowi di Sirkuit Mandalika, Buat Apa?

Indra Fikri - Sabtu, 19 Maret 2022 | 13:23 WIB
Istimewa
Warga lokal menggelar ritual bejambek di bawah patung Jokowi di sirkuit Mandalika, guna berdoa agar pembalap MotoGP diberikan keselamatan.

MOTOR Plus-online.com - Warga lokal menggelar ritual bejambek di bawah patung Jokowi di sirkuit Mandalika, guna berdoa agar pembalap MotoGP diberikan keselamatan.

Ritual Bejambek dilakukan masyarakat Ebunut di samping gerbang utama pintu masuk Sirkuit Mandalika, tepatnya di bawah patung Presiden Joko Widodo.

Kepala Dusun Ebunut, Rahmat Panye menyampaikan, ritual tersebut dilakukan atas keinginan masayarakat tanpa memberitahu pihak Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

"Kita lakukan dengan atas kehendak sendiri, ITDC juga tidak tau ada kegiatan itu, ritual ini kami lakukan untuk keselamatan para pebalap yang menginjakkan kaki di tanah kami," kata Panye dikutip dari Tribunlombok.com.

Panye dan ratusan warga dusunnya dulu tinggal di area Sirkuit Mandalika.

Mereka direlokasi setelah lahan rumah tersebut dibangun menjadi sirkuit.

Panye mengatakan, dalam ritual itu, masyarakat membawa sajian makanan atau dulang beronjok, seperti rengginang dan makanan tradisional lainnya.

"Macam-macam isinya di sana, makanan buah-buahan, ayam, rengginang namun yang harus ada yaitu jajanan masakan beras ketan kita sebut banget," sambungnya.

Baca Juga: Hasil Kualifikasi Moto3 Mandalika 2022, Pembalap Indonesia Mario Aji Bikin Bangga

Baca Juga: Biaya Kargo dari Lombok ke Sirkuit Termas de Rio Hondo Ternyata Setara Ribuan NMAX Baru

Panye berharap, acara MotoGP Indonesia 2022 di sirkuit Mandalika berjalan dengan lancar.

Source : TribunLombok.com
Penulis : Indra Fikri
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular