Premium Resmi Dihapus Dari SPBU, Pertamina Pastikan Stok Pertalite Tetap Ada

Indra Fikri - Kamis, 31 Maret 2022 | 08:02 WIB
MOTORPlus-online/ A. Ridho
Premium resmi dihapus dari SPBU, PT Pertamina (Persero) memastikan stok BBM jenis Pertalite akan tetap ada.

MOTOR Plus-online.com - Premium resmi dihapus dari SPBU, PT Pertamina (Persero) memastikan stok BBM jenis Pertalite akan tetap ada.

Pjs. Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan, Pertamina sebagai pelaksana penyaluran BBM tentunya akan melaksanakan apa yang ditugaskan regulator.

"Pemerintah sudah menyatakan tetap akan menjaga harga Pertalite dalam kondisi saat ini (Rp 7.650 per liter). Artinya harga Pertalite tidak berubah," kata Irto, dikutip dari Tribunnews.com.

Meski Premium tidak lagi dijual di SPBU, Irto memastikan Pertamina akan selalu menjaga ketersediaan stok BBM untuk masyarakat.

"Masyarakat tidak perlu khawatir untuk stok, Pertamina memastikan stok BBM, baik Pertalite maupun BBM jenis lainnya supaya mencukupi kebutuhan masyarakat," sambungnya.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian ESDM menetapkan Pertalite sebagai Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) menggantikan Premium.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Tutuka Ariadji mengatakan, bensin (gasoline) RON 90 telah ditetapkan sebagai JBKP berdasarkan Keputusan Menteri ESDM No 37.K/HK.02/MEM.M/2022, tertanggal 10 Maret 2022.

"Kuota JBKP Pertalite pada tahun ini ditetapkan sebesar 23,05 juta kilo liter," ucap Tutuka.

Baca Juga: Sah Bensin Pertalite Gantikan Premium Ketok Palu, Ini Terupdate Harga Resmi dari Pertamina

Baca Juga: Fakta Harga Bensin RON 95 Di Malaysia Lebih Murah Dari Pertalite, Kok Bisa?

Adapun realisasi penyaluran JBKP Pertalite hingga Februari 2022, kata Tutuka, sebesar 4,25 juta KL atau telah melebihi kuota atau lebih 18,5 persen dari kuota Februari.

"Ini akan terjadi over kuota 15 persen (26,5 juta KL) dari kuota yang ditetapkan (23,05 juta KL)," papar Tutuka.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Premium Sudah Tak Lagi Dipasarkan, Pertamina Pastikan Stok Pertalite Tetap Ada 

Source : Tribunnews.com
Penulis : Indra Fikri
Editor : Ahmad Ridho

Video Pilihan




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

Tag Popular