Harga Pertamax Resmi Naik, Pengamat Bilang Stok Pertalite Bisa Langka Seperti Minyak Goreng

Yuka Samudera - Jumat, 1 April 2022 | 07:48 WIB
Pertamina
Ilustrasi. Pengamat bilang stok bensin Pertalite bisa saja langka seperti minyak goreng setelah pengumuman harga Pertamax naik.

MOTOR Plus-Online.com - Pengamat bilang stok bensin Pertalite bisa saja langka seperti minyak goreng setelah pengumuman harga Pertamax naik.

Seperti yang brother tahu, harga Pertamax resmi naik mulai hari ini, Jumat (1/4/2022).

Nah karena kenaikan harga Pertamax ini, jadi timbul pertanyaan nih, kira-kira stok bensin Pertalite bisa langka enggak ya?

Mengutip dari Tribunnews.com, seorang pengamat bilang naiknya harga Pertamax bisa saja bikin stok Pertalite langka seperti minyak goreng, loh kok bisa?

Pengamat Ekonomi dari Universitas Airlangga, Rahma Gafmi, menjelaskan pandangannya terkait kenaikan harga BBM ini.

Menurutnya, pemerintah sudah menetapkan harga minyak dalam asumsi makro APBN 2022 sebesar 63 dolar AS per barel dalam APBN.

"Tentu ini harus ada revisi mengenai Anggaran Belanja Negara supaya bisa mengkalkulasi kecukupan APBN dengan kondisi yang semakin tidak ada kepastian, kapan berakhir perang Rusia dengan Ukraina," ujar Rahma saat dihubungi, Kamis (31/3/2022).

Sebelumnya diberitakan, pemerintah menetapkan bahan bakar oktan 90 atau BBM Pertalite sebagai jenis BBM khusus penugasan (JBKP) menggantikan BBM Premium.

Pemerintah juga memutuskan untuk menaikkan harga BBM Pertamax.

Istimewa
Ilustrasi Pertalite habis.

"Isu kenaikan harga Pertamax dan tetap disubsidinya harga Pertalite akan menyebabkan peralihan penggunaan BBM oleh masyarakat yang sebelumnya menggunakan Pertamax akan beralih ke Pertalite," ungkap Rahma.

Source : TribunSolo.com
Penulis : Yuka Samudera
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular