Kemenhub Imbau Jangan Mudik Naik Motor Saat Lebaran 2022, Faktor Keselamatan Jadi Alasan

Yuka Samudera - Sabtu, 9 April 2022 | 12:16 WIB
Dishub Aceh
Ilustrasi arus mudik. Kemenhub imbau pemudik untuk tidak mudik naik motor saat Lebaran 2022, faktor keselamatan jadi alasan utama.

MOTOR Plus-Online.com - Kemenhub imbau pemudik untuk tidak mudik naik motor saat Lebaran 2022, faktor keselamatan jadi alasan utama.

Tradisi mudik menjadi salah satu hal yang tidak bisa dilupakaan saat bulan Ramadan tiba.

Selain transportasi umum atau mobil pribadi, banyak pemudik yang nekat menggunakan motor untuk pulang ke kampung halaman.

Namun terkadang banyak ditemui pemudik yang cukup membahayakan ketika mudik naik motor.

Entah karena penumpang lebih dari dua orang, atau membawa barang-barang muatan berlebih.

Mengutip Kompas.com, hal ini membuat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau agar pemudik tidak menggunakan motor saat melakukan perjalanan mudik Lebaran 2022.

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, penggunaan sepeda motor saat mudik bisa membahayakan keselamatan pemudik.

Hal ini karena pemerintah akan memberlakukan pengalihan arus untuk kendaraan logistik.

Baca Juga: Ada Mudik Gratis dari Kemenhub dan Jasa Raharja, Bikers Siap-siap Daftar Ini Syarat dan Caranya

"Artinya, jalan nasional itu nanti banyak dilalui oleh kendaraan-kendaraan besar. Kami khawatirnya aspek keselamatan menjadi taruhannya di sini," ujarnya saat Media Briefing, Jumat (8/4/2022).

Dirinya pun turut merasa prihatin jika pemudik dengan sepeda motor membawa penumpang melebihi kapasitas, belum lagi ditambah dengan membawa barang muatan.

Source : Kompas.com
Penulis : Yuka Samudera
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular