Harganya Selangit, Berapa Lama Umur Baterai Motor Listrik Sebenarnya?

Mohammad Nurul Hidayah,Indra Fikri - Rabu, 13 April 2022 | 11:40 WIB
Rakata Motorcycle
Baterai motor listrik Rakata X5

MOTOR Plus-online.com - Jadi komponen yang harganya selangit, kira-kira berapa lama umur baterai motor listrik yang sebenarnya?

Jika baterai motor listrik ini punya usia pakai yang pendek, tentu akan memberatkan pemilik dalam hal perawatan.

Menurut Awan Setiawan selaku Manager E-Motor Division PT Terang Dunia Nusantara (United Bike), umur pakai baterai motor listrik berkisar 3-5 tahun

"Kalau dilihat dari waktunya, usia pakai baterai motor listrik itu berkisar 3-5 tahun pemakaian," kata Awan.

Namun, itu hanya sebatas perkiraan kasar saja karena sebenarnya banyak parameter yang mempengaruhi usia pakai baterai motor listrik.

Sebenarnya, yang menentukan usia baterai motor listrik itu adalah berapa kali dia dicharge selama pemakaian.

"Jadi di baterai itu ada spesifikasinya berapa cycle atau berapa kali siklus pengisian. Di motor listrik United T1800 pakai baterai yang punya 900 cycle atau siklus pengisian," sambungnya.

Jadi, jika dalam satu hari pengguna melakukan 1 kali siklus pengisian, usia baterai bisa bertahan 900 hari atau kurang lebih 3 tahun pemakaian.

Baca Juga: Tips Merawat Baterai Motor Listrik Yang Jarang Dipakai, Begini Caranya

"Itu hitungan kasarnya, karena awet tidaknya baterai juga tergantung pada cara pakai dan perawatan. Sama seperti baterai smartphone saja," jelas Awan.

Sementara itu, Sujono M.T. selaku Kepala Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur juga menjelaskan kalau ada beberapa hal yang menyebabkan umur pakai baterai motor listrik bisa menjadi lebih pendek atau panjang.

Source : GridOto.com
Penulis : Mohammad Nurul Hidayah
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular