Waktu Ganti Oli Shockbreaker Depan Yang Tepat Agar Hasil Maksimal

Harits Suryo - Rabu, 13 April 2022 | 15:15 WIB
Motor Plus
Ilustrasi oli sokbreker depan motor. Pakai oli transmisi matic di sokbreker depan bisa bikin lebih empuk

MOTOR Plus-online.com - Waktu Ganti Oli Shockbreaker Depan Yang Tepat Agar Hasil Seperti Baru Lagi

Berfungsi sebagai peredam guncangan saat jalan rusak dan kestabilan motor saat berkendara, fungsi shockbreaker bisa menurun seiring berjalannya waktu.

Ternyata sokbreker depan juga perlu rutin ganti oli supaya tetap berfungsi sempurna.

“Setidaknya untuk ganti oli sokbreker depan, bisa dilakukan setahun sekali sekaligus untuk periksa kondisi warna dan volume yang tersisa,” ucap Romandono, pemilik bengkel Joko Shock Jaya, Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

Sebab, kondisi warna oli sok pun bisa mengalami perubahan seperti menjadi keruh, serta volume yang mengalami penurunan dari yang seharusnya.

Kalau sudah berwarna keruh atau ada penurunan volume oli, efeknya sudah pasti shockbreaker jadi kurang maksimal meredam guncangan.

“Untuk pengisian volume oli sok pun sebaiknya ikut spesifikasi dari pabrikan, kalau diisi kelebihan atau kekurangan justru bisa berdampak negatif,” tambahPak De

Kondisi komponen lain seperti sil sokbreker dan inner tube sok motor pun perlu dicek karena ketiganya berkaitan.

“Kondisi oli sok juga dipengaruhi oleh sil sok dan inner tube. Oli sok bakal cepat rusak dan berkurang kalau kedua bagian tersebut sudah bermasalah,” tambahnya.

Jika sil sok atau inner tube rusak dan perlu ganti, pastikan untuk pakai suku cadang asli supaya awet dan bebas masalah selama pemakaian.

Source : GridOto.com
Penulis : Harits Suryo
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular