Berefek Pegal, Kemenkes Imbau Masyarakat Tak Vaksin Saat Hari H Mudik

Erwan Hartawan - Sabtu, 16 April 2022 | 13:34 WIB
Dishub Aceh
Ilustrasi arus mudik

MOTOR Plus-Online.com - Kementerian Kesehatan mengimbau masyarakat agar tidak vaksin saat hari H Mudik.

Hal ini disebabkan adanya kejadian ikut pasca-imunasi (KIPI) sehingga bisa berdampak pada perjalanan mudik.

"Kita mengimbau masyarakat, kalau kita mau mudik nyaman jangan divaksin pada saat mudik," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi melalui kanal YouTube Kemenkes.

"Ini harus kita sampaikan. Kalau enggak enak badan, merasa pusing kan jadi enggak nyaman mudiknya," sambungnya.

Sejauh ini, yang timbul pasca vaksinasi booster menurut dr Nadia didominasi reaksi lokal atau kategori ringan seperti nyeri di tempat suntikan, bengkak, hingga kemerahan dan pegal.

Namun, dr Nadia memastikan ambulans bakal tersedia di setiap pos vaksinasi COVID-19 untuk berjaga-jaga jika ada laporan KIPI berat.

Nadia juga menjelaskan memang disediakan pemberian vaksinasi di titik-titik jalur mudik adalah upaya terakhir agar masyarakat mendapat perlindungan selama perjalanan.

Kemenkes akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan TNI-Polri agar pelaksanaan vaksinasi di titik-titik jalur mudik tidak mengalami antrean.

Baca Juga: Buruan Daftar Mudik Gratis 2022, Ribuan Kuota Ditambah Simak Cara dan Syaratnya

"Kita juga belum tahu apakah nanti akan ada kemacetan berapa kilometer karena kita tahu bahwa mudik kali ini hampir dua kali lipat," ujarnya.

Source : Youtube
Penulis : Erwan Hartawan
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular