Kacau, Harga BBM Naik Sampai 10 Kali Lipat Akibat Negara Bangkrut Karena Gagal Bayar Utang

Indra Fikri - Selasa, 19 April 2022 | 12:00 WIB
AFP/Ishira S. Kodikara
Kacau, harga Bahan Bakar Minyak (BBM) naik sampai 10 kali lipat akibat negara bangkrut karena gagal bayar utang luar negeri.

MOTOR Plus-online.com - Kacau, harga Bahan Bakar Minyak (BBM) naik sampai 10 kali lipat akibat negara bangkrut karena gagal bayar utang luar negeri.

Negara Sri Lanka bangkrut, harga bensin di negara itu naik di atas 10 kali lipat dari 35 rupee (Rp 1.500) per liter menjadi 367 rupee (Rp 16.000) per liter.

Untuk solar, harganya naik dari 75 rupee (Rp 3.300) menjadi 327 rupee (Rp 14.380) per liter.

Kenaikan harga bensin Sri Lanka itu diumumkan untuk produk Lanka IOC, pengecer bahan bakar utama yang menyumbang sepertiga dari pasar lokal, pada Senin (18/4/2022).

Sri Lanka berada dalam cengkeraman krisis ekonomi terburuknya sejak kemerdekaan dari Inggris pada 1948.

Hal itu menyebabkan kekurangan bahan bakar, makanan, dan obat-obatan esensial.

Sementara itu Ceylon Petroleum Corporation milik negara yang menguasai dua pertiga pasar dan memberlakukan penjatahan bahan bakar minggu lalu belum menaikkan harganya, tetapi sebagian besar SPBU-nya kehabisan bahan bakar.

Lanka IOC yang merupakan unit lokal Indian Oil Corporation mengatakan, depresiasi tajam mata uang lokal memaksanya melakukan revisi terbaru, tiga minggu setelah kenaikan harga 20 persen.

Baca Juga: Negaranya Bangkrut, Beli BBM Saja Dibatasi, Motor Cuma 4 Liter Dan Mobil 19,5 Liter

Sejak awal tahun, harga bensin di Sri Lanka meningkat tajam sebesar 90 persen, sementara solar yang biasa digunakan untuk angkutan umum naik 138 persen.

"Devaluasi rupee lebih dari 60 persen selama satu bulan terakhir memaksa Lanka IOC kembali menaikkan harga jual eceran yang berlaku mulai hari ini," kata perusahaan itu dikutip dari AFP.

Source : Kompas.com
Penulis : Indra Fikri
Editor : Ahmad Ridho

Video Pilihan




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

Tag Popular