Mudik Lebaran Terpaksa Pakai Motor, Kemenhub Kasih 6 Imbauan Ini

Erwan Hartawan - Jumat, 29 April 2022 | 18:10 WIB
MOTOR Plus-online/ Indra GT
Mudik Lebaran naik motor

MOTOR Plus-Online.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebenarnya tidak merekomendasikan pemudik memakai motor.

Namun Kemenhub jika tidak bisa melarang masyarakat, yang terpaksa mudik pakai motor.

Bahkan Kemenhub sudah melakukan survei terdapat 7 juta masyarakat yang akan mudik menggunakan kendaraan roda dua di tahun ini.

Oleh karena itu, masyarakat yang akan mudik menggunakan motor, perhatikan betul segala aspek agar keselamatan diri dapat terjaga hingga tempat tujuan.

Berikut ini adalah 6 imbauan yang disampaikan Kepala Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Prita Setiawan dikutip dari Kompas.com.

1. Batasi barang bawaan

Hal pertama yang harus diingat adalah batasi barang bawaan, selain tidak adanya ruang penyimpananan yang memadai pada motor, terlalu banyak membawa barang juga akan mempersulit perjalanan Anda.

"Jangan membawa barang yang berlebihan, karena akan mempengaruhi keseimbangan," kata Pitra.

Terkadang, banyak pemudik motor yang memaksakan diri membawa banyak barang bawaan dengan cara membuat area tambahan di bagian belakang motor menggunakan kayu dan sebagainya.

Baca Juga: Biar Mudik Lebaran Pakai Motor Aman, Perhatikan Beberapa Hal Ini Bro!

Penulis : Erwan Hartawan
Editor : Indra GT




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular