Warna dan Fungsi Kabel pada Motor Honda, Awas Jangan Salah Cabut

Erwan Hartawan - Selasa, 3 Mei 2022 | 09:15 WIB
Freepick
Ilustrasi kabel pada motor

MOTOR Plus-Online.com - Motor terdiri atas tiga rangkaian pokok yakni rangka, mesin dan sistem kelistrikan.

Pada sistem kelistrikan, yang mana dalam hal ini tidak bisa dipisahkan dari yang namanya kabel.

Agar Motor dapat dinyalakan, maka dibutuhkan sistem rangkaian kabel, dimana kabel merupakan salah satu komponen yang sangat pokok yang memiliki peran guna mengalirkan arus listrik.

Namun apabila diperhatikan terdapat rangkaian kelistrikan yang sangat banyak pada kendaraan sepeda motor.

Dimana sistem kelistrikan tersebut meliputi sistem penerangan, rangkaian indikator yang terdapat pada dashboard, kemudian pada mesin juga seperti sistem injeksi yang masih menggunakan rangkaian kelistrikan.

Mengetahui soal warna kabel penting saat sistem kelistrikan motor mengalami kerusakan, seperti misalnya apabila terjadi kerusakan pada sistem lampu rem, namun ternyata kondisi lampu masih bagus dan masih digunakan.

Untuk masalah ini bila terjadi sebuah masalah pada bagian rangkaian arus listrik dari aki yang menuju ke bagian lampu rem.

Apabila semua rangkai kabel disusun dengan menggunakan satu jenis warna yang sama, maka tentu saja hal tersebut akan membuat kita semikin sulit untuk mengidentifikasi kerusakan yang terjadi.

Baca Juga: Basmi Tikus Pemakan Kabel Bodi Motor, Bisa Pakai Air Kelapa dan Singkong

Nah inilah merupakan fungsi dari warna kabel, sehingga apabila terjadi suatu kerusakan pada sistem kelistrikan, mana yang cukup hanya melihat wiringnya dan juga warna kabelnya.

Penulis : Erwan Hartawan
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.