Posko Terpadu Ditutup, Angka Pemudik Naik Motor Menurun pada Lebaran Tahun Ini

Erwan Hartawan - Rabu, 11 Mei 2022 | 10:15 WIB
MOTOR Plus-online/ Indra GT
Mudik Lebaran naik motor ke kampung halaman

MOTOR Plus-Online.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi resmi menutup kegiatan Posko Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2022 di Kantor Kemenhub, Selasa (10/5/2022).

Pada mudik ini, Budi Karya mengatakan sudah sesuai hasil survei potensi pemudik.

Dimana kendaraan pribadi yang paling mendominasi pengerakan mudik.

Meski begitum angka kecelakaan lalu lintas mengalami penurunan yang signifikan.

Tercatat, jumlah kendaraan yang melintas di jalan tol yang keluar Jabodetabek pada Lebaran 2022 mengalami peningkatan sebanyak 1.7 persen dibandingkan dengan Lebaran 2019.

Sedangkan, jumlah yang masuk Jabodetabek mengalami peningkatan sebanyak 11.8 persen dibandingkan dengan Lebaran 2019.

“Riset kami bahwa kendaraan pribadi mendominasi sekitar 47 persen dari total pergerakan memang terbukti dan pergerakannya ada di waktu-waktu tertentu. Jadi ini harus dikelola dengan baik,” ujar Menhub dikutip dari dephub.go.id.

Meskipun penggunaan kendaraan pribadi meningkat, Budi Karya menjelaskan terjadi penurunan angka kecelakaan lalu lintas sebesar 45 persen, berdasarkan data dari Polri.

Baca Juga: Motor Sebelum Mudik Diservis Apakah Setelah Mudik Harus Diservis Lagi? Mekanik Bengkel Resmi Kasih Tahu

“Penurunan kecelakaan lalin diikuti juga dengan penurunan pemudik pengguna sepeda motor. Saya menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor, karena sangat beresiko,” katanya.

Penulis : Erwan Hartawan
Editor : Indra GT




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.