Bukannya Tambah Awet, ini Akibatnya Jika Melumasi Rantai Motor Menggunakan Oli Bekas

Harits Suryo - Jumat, 20 Mei 2022 | 21:50 WIB
Youtube - MOTOR Plus
Tips cara rawat kondisi rantai motor

MOTOR Plus-online - Bukannya Tambah Awet, ini Akibatnya yang Ditimbulkan Jika Melumasi Rantai Motor Menggunakan Oli Bekas.

Seperti kita ketahui memberi pelumas ke rantai motor adalah hal penting.

Akan tetapi kebanyakan bikers melumasi rantai motornya dengan oli yang bekas pakai, yang bisa berdampak buruk bagi rantai.

Dan jika rantai motor bikers tidak pernah diberi pelumas apapun maka lama kelamaan pasti rantai aus dan bisa memperpendek umur rantai.

Resiko terbesarnya adalah terjadinya putus rantai ditengah perjalanan.

Karena itu, melumasi rantai sudah menjadi kegiatan yang wajib dilakukan, agar kondisinya tetap baik ketika digunakan.

Pelumas khusus sudah diformulasikan sedemikian rupa sehingga bisa merawat rantai lebih lama, dan bisa menunjang tenaga mesin dengan lebih optimal.

Berbeda dengan oli bekas pakai yang sudah berwarna hitam dan cenderung gampang tertempel oleh kotoran.

“Sebab oli bekas yang dioleskan ke rantai bukannya bikin awet, justru bisa bikin rantai dan gir aus dan cepat rusak,” jelas Nurjito, Kepala bengkel AHASS Wahana Artha Ciputat, Tangerang Selatan (1/10/2021).

Bisa bikers bandingkan motor yang rutin diberi cairan pelumas khusus dan yang diberi oli bekas.

Warna rantai yang diberi cairan khusus cenderung lebih bersih dan terlihat warna asli rantai nya.

Baca Juga: Usai Mudik Cek Rantai Motor, Lakukan Ini Biar Tetap Awet Setelah Perjalanan Jauh

Dan yang rutin diberi oli bekas maka warna rantai akan cenderung hitam dan terdapat kotoran oli yang susah dibersihka dengan sabun biasa.

Cairan pelumas rantai sekarang ini sudah sangat gampang dicari di toko-toko modern sehingga bikers tidak perlu jauh-jauh pergi ke bengkel.

“Selain pakai chain lube, sebenarnya pakai oli juga aman bagi rantai dan gir motor, namun pastikan kondisinya masih baru,” tambahnya.

Bukannya jadi hemat saat memakai oli bekas untuk pelumas rantai dalam jangka panjang akan berdampak buruk bagi rantai motor kalian.

Dan jika harus ganti rantai akan mengeluarkan biaya lebih lagi, mendingan membeli cairan khusus pelumas motor yang sudah dirancang untuk melumasi rantai dengan hasil maksimal.

Source : Berabagi Sumber
Penulis : Harits Suryo
Editor : Indra GT




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular