Motor Listrik Berkonsep Turing Pertama Asal Italia, Sekali Charge Bisa Tempuh Jarak 420 Km

Muhammad Farhan,Harits Suryo - Jumat, 10 Juni 2022 | 11:25 WIB
Bisa dibilang Energica Experia jadi motor listrik pertama dengan tampang ala motor turing, dimana kebanyakan tampil dalam bentuk skutik atau sport.

MOTOR Plus-online - Motor listrik berkonsep turing pertama asal Italia, sekali charge bisa tempuh jarak 420 Km.

Energica adalah merek motor listrik asal Italia yang juga menjadi penyedia unit motor balap di ajang MotoE.

Bisa dibilang Energica Experia jadi motor listrik pertama dengan tampang ala motor turing, dimana kebanyakan tampil dalam bentuk skutik atau sport.

Sebagai informasi, Energica sebelumnya juga punya varian Ego berjenis sport fairing dan Eva berjenis street fighter.

Jika dibandingkan dengan dua varian diatas, Energica Experia dirancang untuk meraih jarak tempuh lebih panjang dibandingkan mengejar performa.

Untuk mencapai hal tersebut, motor ini dibangun dengan platform baru serta peningkatan di sistem elektrik.

Selain kapasitas baterai diperbesar, motor penggeraknya yang bernama PMASynRM juga didesain ulang.

Baik baterai maupun motor penggeraknya dibuat lebih ringan, posisinya juga disesuaikan supaya motor lebih nyaman dikendarai di berbagai kondisi jalan.

Motor penggerak milik Energica Experia menghasilkan tenaga 102 dk pada 7.500 rpm dengan torsi maksimum 900 Nm merupakan nilai fantastis untuk motor listrik.

Baca Juga: Kunjungan Kerja di Wakatobi, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Boncengan Naik Motor Listrik Gesits

Untuk penggunaan dalam kota, dalam kondisi penuh baterai tipe LiPo berkapasitas maksimal 22,5 kWh di motor diklaim dapat menempuh jarak hingga 420 km.

Dari segi fitur juga lumayan lengkap khas motor penjelajah, seperti ada pemanas handgrip serta top box dan side box dengan total kapasitas 112 liter.

Fitur lainnya ada cornering ABS, USB charger, riding mode, regenerative mode, keyless, cruise control serta mode parkir.

Melihat sektor kaki-kakinya, suspensi pakai ZF Sachs dipadu rem cakram Brembo khas moge premium.

Hanya tersedia dalam pilihan warna Bormio Ice, Energica Experia dilepas di pasar Amerika Serikat dengan harga setara Rp 374 jutaan.

Mengingat model Energica lain sudah dijual di Indonesia secara resmi lewat APM Utomocorp, kemungkinan model ini dipasarkan pastinya terbuka lebar.

Source : GridOto.com
Penulis : Muhammad Farhan
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.