Siap-siap Inilah Incaran Pelanggaran Lalu Lintas di Operasi Patuh 2022

Harits Suryo - Sabtu, 11 Juni 2022 | 07:50 WIB
Tribunnews.com
Jangan lagi bonceng anak-anak di depan, tega bener anak sendiri dijadikan airbag.

MOTOR Plus-online - Siap-siap inilah incaran pelanggaran lalu lintas di Operasi Patuh 2022 yang dilaksanakan pekan depan.

Operasi Patuh Jaya digelar selama 14 hari untuk mengajak masyarakat disiplin berlalu lintas serta menurunkan angka pelanggaran serta angka fatalitas korban kecelakaan lalu lintas.

Tilang akan dilakukan dengan dua cara, yaitu tilang elektronik atau ETLE dan mobile, serta penindakan teguran. Tidak ada pelaksanaan penegakan hukum dengan tilang manual.

Agenda itu disampaikan Polri dilansir dari akun Twitter @TMCPoldaMetro, Jumat (10/6/2022).

Membonceng lebih dari satu penumpang menjadi salah satu kebiasaan buruk yang kerap dilakukan oleh pengendara sepeda motor saat ini. Perilaku ini bakal menjadi incaran polisi di Operasi Patuh 2022.

Belum lagi, penumpang juga tidak dilengkapi dengan riding gear yang sesuai untuk menunjang keselamatan.

Padahal, kebiasaan ini sangat berbahaya bagi pengendara maupun penumpang motor.

Saat membonceng lebih dari satu orang, pengendara sepeda motor akan lebih kesulitan mengontrol kendaraan saat melaju karena posisi duduk yang kurang nyaman dan tidak sesuai.

"Ketika kita membonceng lebih dari 1 orang maka posisi duduk pengendara menjadi tidak nyaman karena harus maju. Akibatnya untuk melakukan manuver di jalan menjadi sulit," ucap Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani pada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca Juga: 8 Pelanggaran Jadi Incaran di Razia Operasi Patuh 2022, Dendanya Tembus Segini

Source : Kompas.com
Penulis : Harits Suryo
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.