Jadi Syarat Mengurus BPKP Hilang, Ini Cara Pasang Iklan Kehilangan di Media Massa

Aditya Prathama - Minggu, 12 Juni 2022 | 21:24 WIB
KOMPAS.com/SRI LESTARI
Ilustasi STNK dan BPKB Hilang

Motor Plus-online.com - Pasang iklan kehilangan jadi syarat mengurus BPKB baru, ini cara pasang iklan kehilangan di media massa

Kehilangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) atau Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) merupakan kejadian yang terkadang tidak dapat dihindari.

Dua dokumen penting tersebut adalah dokumen yang wajib dalam proses pembayaran pajak tahunan.

Sehingga saat BPKB atau STNK hilang, wajib bagi pemilik kendaraan untuk segera mengurus surat-surat baru.

Sesuai aturan pengurusan BPKB kendaraan bermotor ada satu syarat, yakni memasang iklan baris melalui media cetak.

Mengutip Kompas.com pemerhati masalah transportasi dan hukum, Budiyanto mengatakan pemasangan iklan di media cetak tidak bisa dianggap sepele karena peraturan ini sangatlah penting bagi pemilik BPKB.

"BPKB adalah sertifikat kepemilikan kendaraan yang sah dan dapat dijaminkan atau menjadi jaminan dalam pembiayaan kendaraan bermotor dan sebagainya," kata Budiyanto.

Setelah iklan tersebut diketahui publik, data sistem pelayanan Samsat dapat memproses pembaharuan informasi untuk mengurus berkas.

"Setelah STNK atau BPKB lama yang hilang diketahui keberadannya, maka petugas dapat segera memproses data baru," ucapnya.

Baca Juga: STNK Dan BPKB Hilang, Catat Syarat Dan Biaya Pengurusannya

Source : Kompas.com
Penulis : Aditya Prathama
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.