Benarkah Pemotor Pakai Sandal Jepit dan Celana Pendek Bakalan Ditilang? Ini Faktanya

Aditya Prathama - Rabu, 15 Juni 2022 | 17:25 WIB
KOMPAS.com/M LUKMAN PABRIYANTO
Ilustrasi pengendara motor gunakan sandal jepit

Motor Plus-online.com - Pengendara motor pakai sandal jepit dan celana pendek bakal kena tilang? Begini faktanya.

Selama Operasi Patuh Jaya 2022 beredar kabar bahawa pengendara motor yang menggunakan sendal jepit dan celana pendek akan mendapatkan sanksi tilang.

Korps Lalu Lintas (Korlantas) pun menegaskan tidak ada sanksi tilang untuk pengendara motor yang berkendara menggunakan sandal jepit dan celana pendek.

Mengutip Kompas.com Kepala Korlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi mengatakan, pihaknya hanya akan melakukan edukasi dan sosialisasi agar pemotor tidak menggunakan sandal jepit demi keselamatan selama berkendara.

"Masyarakat kita perlu diingatkan, diimbau, diedukasi tentang hal-hal yang menyangkut keselamatan jalan, ini tindakan perlindungan, cegah, preventif dari kepolisian baik selama Ops Patuh ataupun tidak," kata Firman saat dihubungi Kompas.com, Rabu (15/6/2022).

Firman mengatakan, imbauan untuk penggunaan pakaian khusus, sepatu, serta helm bagi pengendara motor merupakan upaya untuk menjamin keselamatan selama mengemudi serta menghindari risiko kecelakaan lalu lintas.

"Jadi kita tidak menitikberatkan pada berapa banyak pelanggar yang akan ditilang atau diberi hukuman, melainkan meningkatkan kesadaran untuk patuh terhadap aturan lalin untuk mencegah kecelakaan," ujar dia.

Secara terpisah, Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan menegaskan, penegakan hukum tidak harus selalu dilakukan dengan sanksi tilang.

Adapun sebelumnya beredar di media sosial bahwa pengendara motor yang memakai sandal jepit dan celana pendek akan dikenakan sanksi tilang.

Baca Juga: Hadi Tjahjanto Resmi Jadi Menteri ATR, Enggak Nyangka Punya Motor Rp 2 Jutaan

Source : Kompas.com
Penulis : Aditya Prathama
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular