Buruh Pabrik Semarang: Gaji Habis Untuk Biaya Servis Motor Karena Terendam Banjir Rob

Harits Suryo - Kamis, 23 Juni 2022 | 18:50 WIB
Instagram/andreli_48
Tangkapan Layar Instagram andreli_48, Banjir rob di kawasan pelabuhan Tanjung Emas rendam Honda BeAT

MOTOR Plus-online - Buruh pabrik di Semarang tertekan karena gaji mereka habis hanya untuk biaya servis motor yang sering terendam bajir rob.

Banjir rob yang melanda kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, Jawa Tengah, menjadi penderitaan tersendiri bagi buruh yang bekerja di sana.

Pasalnya kawasan industri tersebut sering terjadi banjir rob yang pasti merugikan semua orang.

Banjir rob memang berbeda dengan banjir air tawar, karena banjir rob membawa air asin yang menimbulkan kerusakan yang cukup parah pada kendaraan bermotor.

Federasi Serikat Pekerja Indonesia Perjuangan-Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (FSPIP KASBI) menilai jumlah kerugian buruh yang disebabkan karena rob di Kota Semarang, Jawa Tengah mencapai miliaran.

Koordinator DPP FSPIP KASBI Jawa Tengah, Karmanto mengatakan, ada sekitar Rp 2,5 miliar total kerugian yang dialami buruh selama menjadi pekerja di Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang saat terjadi rob.

"Kalau dihitung ya untuk biaya servis sepeda motor karena rob itu bisa sampai Rp 2,5 juta dikalikan 10 ribu buruh. Hasilnya bisa sampai Rp 2,5 miliar," jelasnya kepada Kompas.com, Rabu (22/6/2022).

Untuk itu, dia meminta pemerintah dan pengelola industri di pelabuhan memperhatikan keselamatan pekerja. Bagaimanapun, keselamatan pekerja adalah hak yang harus dipenuhi.

"Saya berharap dari kejadian ini tak terulang lagi. Saat ini genangan masih 20 sentimeter. Ini menghambat untuk kegiatan proses bekerja dan produksi," kata dia.

Baca Juga: Video Motor Terendam Imbas Banjir Rob Semarang, Ternyata Hal Ini Jadi Penyebabnya

Source : Kompas.com
Penulis : Harits Suryo
Editor : Aong

Video Pilihan




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

Tag Popular