Naik Kemarin Sejumlah Harga BBM Bos Pertamina Ungkap Keekonomian Harga Pertamax Rp 17.950 Per Liter

Aong - Senin, 11 Juli 2022 | 19:00 WIB
MyPertamina
Foto ilustrasi harga Pertamax

MOTOR Plus-online.com - Naik kemarin sejumlah harga BBM Bos Petamina ungkap keekonomian harga Pertamax Rp 17.950 per liter kalau sebenarnya.

Seperti kita tahu, mulai Kemarin 10 Juli 2022 Pertamina melakukan penyesuaian atau kenaikan harga sejumlah BBM.

Sebelumnya Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengungkapkan harga BBM mulai dari Pertalite, Pertamax, hingga Solar dan elpiji penugasan dijual lebih rendah dari nilai keekonomiannya.

Seperti Pertalite, Nicke mengatakan, harga pasar saat ini Rp 17.200 per liter, namun harga jual Pertamina masih tetap Rp 7.650 per liter.

Jadi, setiap liter Pertalite yang dibayar oleh masyarakat, pemerintah mensubsidi Rp 9.550 per liternya.

Kemudian untuk Pertamax, Pertamina masih mematok harga Rp 12.500 per liter.

Padahal, untuk bensin dengan nomor oktan atau RON 92, kompetitor sudah menetapkan harga sekitar Rp 17.000 per liter, sebab secara keekonomian harga pasar telah mencapai Rp 17.950.

"Kita masih menahan dengan harga Rp 12.500, karena kita juga pahami kalau Pertamax kita naikkan setinggi ini, maka shifting ke Pertalite akan terjadi, dan tentu akan menambah beban negara," ujar Nicke, dalam keterangannya, dikutip Sabtu (9/7/2022).

Baca Juga: Motor 250 cc Bagusnya Diisi Pertamax daripada Pertalite, Begini Kata Pakar

Baca Juga: Sebelum Isi Bensin Pertamina Cek Daftar Motor Yang Cocok Pakai Pertamax

Penulis : Aong
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.