Tips Bikin Tarikan Honda Vario 125 Fi Lebih Enteng Modal Rp 100 Ribuan

Uje,Indra Fikri - Minggu, 17 Juli 2022 | 19:30 WIB
MOTOR Plus
Tarikan Honda Vario 125 jadi tambah enteng, modalnya cuma ganti roller ukuran segini.

MOTOR Plus-online.com - Tips bikin tarikan motor Honda Vario 125 Fi lebih enteng dengan modal cuma Rp 100 ribuan.

Bagi beberapa bikers, tenaga Honda Vario 125 Fi dirasa kurang responsif pada putaran bawah.

Memang karena kapasitas mesin yang lebih kecil dari saudaranya yakni Honda Vario 150 dan 160, bikin Vario 125 dirasa kurang responsif.

"Mau Vario yang lama sampai yang baru pasti keluhannya sama, tarikan bawah atau akselerasinya agak kurang responsif," kata Deddy Wahyu, mekanik Jaya Motor di daerah Ciputat, Tangerang Selatan.

Emon sapaan akrabnya, menjelaskan cara mudah untuk bikin Honda Vario 125 Fi lebih ngacir cukup mainkan bobot rollernya saja.

"Bobot roller standar bawaan Vario 125 Fi itu terlalu berat, bisa dipasangkan yang lebih ringan," ungkapnya.

"Honda Vario 125 Fi generasi pertama itu pakai roller berbobot 18 gram, sementara yang baru atau kadang orang bilang Vario LED itu pakai roller dengan bobot 15 gram," jelas Emon.

"Kalau untuk harian bisa diganti dengan roller bobot 13 gram atau 12 gram, tergantung kebutuhan dan kondisi jalan," sebutnya.

Baca Juga: Turing Pakai Honda CB150X dan Honda Vario 160 Sambil Donasi ke Subang

Menurut Emon, meringankan bobot roller merupakan cara yang paling mudah dan murah dibanding cara lain untuk membuat Honda Vario 125 jadi lebih responsif.

"Tidak perlu repot-repot ganti knalpot, takutnya orang banyak yang kurang suka kalau berisik. Sementara kalau bore up biayanya juga besar," tambah Emon.

"Sementara ganti roller modalnya paling hanya Rp 100 ribu saja, karakter mesin bisa berubah jadi lebih responsif," tutupnya.

Source : GridOto.com
Penulis : Uje
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular