Polisi Usul Gratiskan BBNKB Kepemilikan Kedua dan Seterusnya, Kabar Gembira Untuk Bikers yang Mau Beli Motor Bekas

Aditya Prathama - Senin, 18 Juli 2022 | 16:00 WIB
Kompas.com/ Ari Purnomo
Ilustrasi pengurusan balik nama kendaraan bermotor bekas, Polisi usul gratiskan BBNKB kepemilikan kedua dan seterusnya

Motor Plus-online.com - Polisi usul gratiskan BBN-KB kepemilikan kedua dan seterusnya, kabar gembira buat bikers yang berencana beli motor bekas.

Ada kabar gembira untuk para bikers yang ingin membeli motor bekas.

Pasalnya, Korlantas Polri bakal mempermudah urusan balik nama kendaraan untuk motor bekas.

Hal itu karena Korlantas Polri mengusulkan penghapusan pembiayaan untuk melakukan ganti kepemilikan kendaraan bermotor (BBNKB II) kedua dan seterusnya.

Mengutip Kompas.com Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus mengatakan, strategi ini dapat menertibkan data pemilik kendaraan ke kepolisian.

"Ada beberapa strategi yang sudah kita rancang bersama salah satunya adalah bagaimana kita bisa mengusulkan penghapusan biaya ganti kepemilikan kendaraan bermotor (BBNKB II)," ujar Yusri, disitat dari NTMC Polri (14/7/2022).

Yusri menyampaikan, strategi ini selaras dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh Kapolri. Sehingga penegakan hukum di jalan dapat mengeluarkan inovasi melalui ETLE.

"Bapak Kapolri mengeluarkan kebijakan, bagaimana kita polisi lalu lintas tidak ada konteks dengan masyarakat pada saat melakukan penegakan hukum di jalan." ucap Yusri.

Baca Juga: Cara Cek STNK dan BPKB saat Beli Motor Bekas, Awas Jangan Sampai Tertipu

"Sehingga mengeluarkan satu inovasi tentang ETLE," sambungnya.

Seperti diketahui, BBNKB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor) adalah pajak yang dikenakan atas penyerahan hak milik kendaraan bermotor sebagai akibat dari perjanjian dua pihak.

Source : Kompas.com
Penulis : Aditya Prathama
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.