Siap-siap, Presiden Jokowi Akan Umumkan Kenaikan Harga BBM Pertalite Minggu Ini

Indra Fikri - Senin, 22 Agustus 2022 | 19:55 WIB
Pertamina
Foto ilustrasi. Presiden Jokowi akan umumkan kenaikan harga BBM Pertalite minggu ini.

MOTOR Plus-online.com - Siap-siap, Presiden Joko Widodo akan mengumumkan kenaikan harga BBM bersubsidi Pertalite dan Solar pada minggu ini.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Menurut Luhut, saat ini pemerintah tengah menghitung baik dan buruknya dari keputusan penyesuaian harga BBM Pertalite dan Solar tersebut.

Penyesuaian harga BBM memang pasti akan berdampak pada konsumsi masyarakat.

Namun, karena sasaran BBM bersubsidi jenis Pertalite dan Solar tersebut tidak tepat sasaran, anggaran yang dikeluarkan dari kantong APBN malah makin membengkak.

"Minggu depan presiden akan umumkan mengenai apa dan bagaimana kenaikan harga (BBM bersubsidi)," ucap Luhut.

Luhut menambahkan, Presiden Jokowi sudah mengeluarkan berbagai indikasi untuk memberikan bantalan subsidi BBM untuk menjaga daya beli masyarakat yang kurang mampu.

Namun, Presiden mengatakan tidak mungkin subsidi tersebut terus ditambah dan dipertahankan.

Baca Juga: Harga Pertalite Akan Naik Jad Rp 10 Ribu Per Liter Pertamina Kasih Penjelasan Resmi

"Presiden sudah indikasikan, tidak mungkin kita pertahankan terus. Kita ini harga BBM paling murah sekawasan ini, kita jauh lebih murah dari yang lain. Itu (subsidi BBM) terlalu besar kepada APBN kita," ungkapnya.

Lebih lanjut, Luhut menjelaskan tahun depan anggaran subsidi akan diturunkan jauh di bawah anggaran subsidi energi dan kompensasi saat ini yang sebesar Rp 502 triliun.

Misalnya saja dengan pengalihan kendaraan dari berbasis BBM menjadi kendaraan listrik, hingga penggunaan bensin campuran dari kelapa sawit B40.

"Karena kemarin subsidi kita Rp 502 triliun, kita harap bisa ditekan ke bawah. Bisa dengan pengurangan mobil BBM dan beralih ke listrik, dan B40," tutup Luhut.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Luhut Sebut Jokowi akan Umumkan Penyesuaian Harga BBM, Bagaimana Stok Pertalite? Ini Kata Pertamina.

Source : Tribunnews.com
Penulis : Indra Fikri
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular