Survey Membuktikan, Naiknya Tarif Ojol Bikin Konsumen Kembali Naik Motor Pribadi

Indra Fikri - Selasa, 13 September 2022 | 15:25 WIB
MOTOR Plus-online/ A. Ridho
Naiknya tarif ojol bikin konsumen balik menggunakan motor pribadi.

MOTOR Plus-online.com - Survey membuktikan, naiknya tarif ojek online (ojol) membuat para konsumen kembali menggunakan motor pribadi.

Dampaknya, akan mempengaruhi pendapatan driver ojol, bahkan dikhawatirkan terjadi pengangguran.

Ojol sendiri telah menjadi pilihan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan transportasi.

Solusi kepraktisan dan hitung-hitungan ongkos membuat ojol dipilih sebagai moda transportasi yang paling sering dipilih setelah kendaraan pribadi.

Hal ini terungkap dalam hasil survei Polling Institute yang menemukan bahwa 28,4 persen penumpang memilih menggunakan ojol untuk kebutuhan sehari-hari.

Ojol ini ada diperingkat kedua setelah kendaraan pribadi yang angkanya 41,4 persen.

Dalam paparan hasil survei “Kenaikan Tarif Ojek Online di Mata Pengguna dan Pengemudi”, Direktur Eksekutif Polling Institute, Kennedy Muslim mengatakan bahwa sebagian besar konsumen akan berpindah ke kendaraan pribadi dalam merespons kenaikan tarif ojol yang mencapai rata-rata 45 persen.

"Ini bisa mengindikasikan ketergantungan masyarakat urban terhadap ojek online. 61,2 persen responden tidak setuju dengan kenaikan tarif ojol," kata Kennedy.

Baca Juga: Gegara Tarif Ojol Naik Banyak Pengguna Naik Motor Pribadi, Meski Pertalite Rp 10.000/Liter

"Sebagai responsnya, ada 26,6 persen yang akan menggunakan sepeda motor sendiri," ungkapnya dikutip dari siaran pers yang diterima Wartakotalive.com, Selasa (13/9/2022).

Menurut pengamat tata kota Universitas Trisakti Yayat Supriyatna, respons tersebut merupakan pilihan rasional karena perhitungan ekonomi.

Source : Wartakotalive.com
Penulis : Indra Fikri
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.