Ramai Serangan Hacker Bjorka, Pertamina Jamin Data Pelanggan di Aplikasi MyPertamina

Indra Fikri - Rabu, 14 September 2022 | 12:52 WIB
KOMPAS.com/Bill Clinten
Ilustrasi Aplikasi MyPertamina

MOTOR Plus-online.com - Ramai serangan hacker Bjorka, Pertamina menjamin data-data para pelanggannya di aplikasi Mypertamina.

Manajemen Pertamina menjamin keamanan data pelanggan di aplikasi MyPertamina saat mereka mengisi bahan bakar minyak (BBM) di jaringan SPBU-nya.

Tren kebocoran data kini menjadi sorotan luas masyarakat menyusul klaim seorang hackker yang membobol jutaan data di lingkungan lembaga dan pejabat Pemerintah.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menyatakan bahwa pihaknya sangat memperhatikan keamanan data konsumen.

"Kami telah menerapkan standar keamanan informasi dan bekerjasama dengan pihak-pihak yang mendukung pengamanan data," kata Irto dikutip dari Tribunnews.com.

Irto menjelaskan, pihaknya berkoordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk menjaga keamanan data konsumen serta data pendaftar program subsidi tepat.

Jumlah kendaraan yang didaftarkan ke sistem MyPertamina sebagai pengguna BBM subsidi jenis solar dan pertalite terus meningkat.

PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) mencatat jumlah pendaftar di sistem MyPertamina sejak 1 Juli 2022 hingga 9 September 2022 sudah mencapai 2,2 juta unit.

Baca Juga: Hacker Bjorka Ancam Bocorkan Data MyPertamina, Dukung Demo Harga Pertalite Naik

"Untuk mempermudah masyarakat melakukan pendaftaran, Pertamina juga terus menambah titik booth pendaftaran langsung," tambahnya.

Sebelumnya, diberitakan bahwa hacker Bjorka bakal bocorkan data MyPertamina sebagai bentuk dukungan aksi demo harga Pertalite naik.

Ancaman hacker Bjorka untuk menyebarkan data MyPertamina muncul lewat akun telegram Bjorkanism, Sabtu (10/9/2022).

"Untuk mendukung masyarakat yang sedang berjuang dengan mengadakan demonstrasi di Indonesia mengenai harga bahan bakar minyak. Saya akan segera mempublikasikan database mypertamina," tulis Bjorka.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Pertamina Jamin Keamanan Data Pelanggan di Aplikasi MyPertamina

Source : Tribunnews.com
Penulis : Indra Fikri
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.