Harga Pertalite Naik, Lebih Hemat Motor Bensin atau Motor Listrik? Menteri ESDM Kasih Hitungan

Yuka S. - Rabu, 21 September 2022 | 19:25 WIB
MOTOR Plus-online.com/Erwan Hartawan
Foto ilustrasi. Kenaikan harga Pertalite bikin bertanya, lebih hemat motor bensin atau motor listrik? Ini hitungan Menteri ESDM.

MOTOR Plus-Online.com - Kenaikan harga Pertalite bikin bertanya, lebih hemat motor bensin atau motor listrik? Ini hitungan Menteri ESDM.

Naiknya harga Pertalite dan BBM lain menjadi banyak bikers bertanya, kira-kira lebih hemat motor bensin atau motor listrik?

Menteri ESDM pun memberi hitungan antara motor bensin dengan motor listrik.

Mengutip Kompas.com, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memberikan penjelasan.

Ia mengatakan konversi motor berbahan bakar minyak (BBM) ke listrik akan memberi penghematan yang lumayan besar bagi masyarakat.

“Jika per liter BBM (harga lama) Rp 7.650 per liter itu akan terkumpul biaya untuk pembelian BBM sebesar Rp 2,3 juta rupiah untuk membeli BBM," kata Arifin dalam siaran pers, Selasa (20/9/2022).

"Tetapi jika menggunakan motor listrik dia cuma mengeluarkan uang sebesar Rp 585.000 dengan harga BBM yang sekarang Rp 10.000 per liter maka perbedaanya akan semakin besar," sambungnya.

Menurutnya, konversi motor BBM ke listrik ini musti dilakukan karena adanya peningkatan jumlah kendaraan yang cukup drastis.

Dengan rata-rata pertumbuhan 4,1 persen per tahun, yang didominasi kendaraan roda dua alias motor sebanyak 121 juta unit pada 2021.

Baca Juga: Konversi Motor Listrik Tidak Bisa Sembarangan, Bikers Harus Paham Tahapannya

“Program konversi (motor BBM ke listrik) diharapkan mampu memberikan dampak sangat signifikan baik efisiensi maupun pengelolaan lingkungan," ujarnya.

Source : Kompas.com
Penulis : Yuka S.
Editor : Aong

Video Pilihan



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

Tag Popular