Penasaran Bagaimana Bikin Bensin Pertalite, 7 Proses Sebelum Masuk ke Tangki Motor Konsumen

Ahmad Ridho - Rabu, 28 September 2022 | 11:10 WIB
Dok Pertamina
7 (tujuh) proses quality control sebagai langkah memastikan seluruh produk Pertamina sesuai spesifikasi dan memenuhi standar yang telah ditentukan.

MOTOR Plus-online.com - Ada 7 proses quality control dalam pembuatan bensin Pertalite sebelum dijual.

Belakangan ramai soal Pertalite yang menjadi sorotan usai harganya naik jadi Rp10.000.

Semua produk BBM yang dinikmati masyarakat pastinya sudah sesuai spek dan melewati 7 proses quality control.

Artinya Pertalite, Pertamax dan semua BBM Pertamina sudah melewati beberapa tahapan dan kualitasnya tetap terjaga sebelum masuk ke tangki motor konsumen.

Pertamina Patra Niaga, Subholding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) memiliki setidaknya 7 (tujuh) proses quality control sebagai langkah memastikan seluruh produknya sesuai spesifikasi dan memenuhi standar yang telah ditentukan.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menyatakan bahwa proses quality control ini dimulai sejak produk BBM masuk ke tanki timbun di Fuel Terminal (TBBM) hingga tepat sebelum disalurkan menuju SPBU.

“Proses Quality Control sebuah produk BBM sebelum bisa dinyatakan layak didistribusikan menuju SPBU ini dimulai dari saat produk tersebut disuplai dari kilang atau impor, saat penyimpanan, hingga sebelum disalurkan ke SPBU. Dalam tiap-tiap proses, produk BBM tersebut harus dinyatakan layak, memenuhi syarat atau standar spesifikasi yang ditentukan Dirjen Migas, jika uji sample tidak layak, tidak akan bisa keluar dari Terminal BBM,” jelas Irto.

Sebelum produk BBM bisa masuk tanki timbun di Fuel Terminal, Pertamina terlebih dahulu memastikan produk BBM yang disuplai dari kilang ataupun impor memiliki certificate of quality.

Baca Juga: Sedih Pemilik Usaha Pertashop Terancam Bangkrut Imbas Harga Pertalite dan Pertamax Selisih Rp4.500

Setelah dipastikan certificate of quality-nya, produk BBM yang disuplai lewat pipa akan diuji speknya selama pemompaan ke tanki timbun.

Penulis : Ahmad Ridho
Editor : Ahmad Ridho

Video Pilihan



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular