Fakta Perbaikan Sirkuit Mandalika Jelang WSBK Indonesia 2022 Termasuk Tambah Kantong Parkir

Didit Abdillah - Rabu, 5 Oktober 2022 | 18:30 WIB
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Ilustrasi penonton WSBK Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika. MGPA targetkan 45 ribu penonton WSBK Indonesia 2022.

MOTOR Plus-online.com - Jelang WSBK Indonesia 2022 pada (11-13/11/2022) mendatang, fakta sirkuit Mandalika melakukan banyak perubahan dan renovasi. 
 
Mandalika Grand Prix Association (MGPA) melakukan ubahan besar pada sirkuit Mandalika dalam faktor keamanan menjelang WSBK Indonesia 2022
 
Ada beberapa fakta mengenai perbaikan sirkuit Mandalika ini yang paling penting fokus pada sektor keamanan sirkuit untuk balapan WSBK Indonesia nanti. 
 
Fakta pertama adalah perbaikan run-off tikungan yang diperlebar bagian aspalnya, sehingga pembalap yang kehilangan kendali atau terjatuh tidak langsung masuk ke gravel. 
 
"Jadi memang disarankan oleh Dorna Sports, sehingga pembalap yang sekadar melebar, itu masih bisa lanjut ikut balapan," tutur Priandhi Satria selaku Direktur Utama MGPA. 
 
Tikungan yang ketambahan run-off adalah di tikungan 1,10,11,12,13 dan 16. 
 
Selain itu ada ketambahan model kerb yang semula konvensional, kini menggunakan model kerb Misano yang banyak digunakan di sirkuit Eropa. 
 
Fakta lainnya adalah makin banyaknya kantong parkir dalam radius 1-3 km dari sirkuit Mandalika, sebanyak 10 ribu kantong parkir. 
 
Baik itu kantong parkir untuk sepeda motor atau mobil, juga untuk bus shuttle yang bertugas mengantar jemput penumpang. 
 
"Dengan bertambah banyaknya kantong parkir ini juga kami harapkan bisa mengatasi kemacetan yang terjadi seperti di event MotoGP Mandalika lalu," Priandhi Satria menjelaskan. 
 
 
Jalur bagi kendaraan yang dilewati pun harus sesuai dengan warna pada tiket, sehingga tiket pun bisa menentukan jalan dan akses penonton menuju sirkuit Mandalika
 
Dengan banyak dan berbedanya akses penonton, juga bisa meredam kemacetan yang semula hanya berasal dari satu titik tempat saja. 

Penulis : Didit Abdillah
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular