Musim Hujan Cuci Steam Motor Listrik, Perhatikan Komponen Ini

Didit Abdillah - Minggu, 9 Oktober 2022 | 12:15 WIB
MOTOR Plus
Sedang musim hujan, saat cuci motor perhatikan komponen-komponen ini agar motor tidak korslet karena air yang disemprotkan.

MOTOR Plus-Online.com - Musim hujan perhatian buat bikers motor listrik, cuci steam motor listrik perhatikan komponen satu ini.

Apalagi iasanya bikers yang kehujanan saat di jalan, akan langsung mencuci motor begitu sampai di rumah. 

Namun akan lebih mudah jika mencuci motor konvensional berbagan bakar bensin, asalkan air tidak masuk ke lubang knalpot atau throttle bodi saja. 

Sedangkan bagaimana jika mencuci motor listrik yang komponennya rawat terjadi korslet jika terkena percikan air?

Dilansir dari Kompas.com, SPV Product Specialist Alva, Abraham Sutadusastra mengatakan tindakan tersebut aman-aman saja.

Baca Juga: Motor Murah Modal Rp 3 Jutaan Langsung Bawa Pulang, Tapi...

Namun memang ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan

Salah satunya, sebelum dicuci paskan bahwa Miniature Circuit Breaker (MCB) dimatikan supaya tidak ada sambungan listrik yang masuk dari baterai ke hub alias motor listrik.

Diketahui, MCB merupakan salah satu komponen yang berfungsi sebagai sistem di dalam instalasi listrik untuk pemutus dan penyambung arus listrik antara baterai dengan perangkat kelistrikan lain di motor.

Jadi apabila menghindari terjadi beban berlebih serta hubung singkat arus listrik atau korsleting.

Source : Kompas.com
Penulis : Didit Abdillah
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular