Badan Pembalap Muda Semakin Tinggi, Kelas Moto3 Diusulkan Pakai Motor 500 cc Dua Silinder

Indra Fikri - Senin, 10 Oktober 2022 | 15:25 WIB
MotoGP.com
Kelas Moto3 diusulkan pakai motor 500 cc dua silinder.

MOTOR Plus-online.com - Badan pembalap yang semakin tinggi, kejuaraan dunia kelas Moto3 diusulkan menggunakan motor 500 cc dua silinder.

Hal ini diusulkan oleh pemilik tim balap Speed Up Racing, Luca Boscoscuro.

Bukan tanpa dasar, Luca Boscoscuro melihat batas usia untuk Moto3 yang telah naik dari 16 tahun menjadi 18 tahun pada musim 2023.

Begitu pun postur badan para pembalap muda saat ini yang semakin tinggi.

"Sekarang para pembalap yang datang ke kelas Moto3 di usia 18 tahun, mereka memiliki tinggi 180 cm dan berat mungkin 70 kg."

"Kemudian mereka harus mengendarai mesin kecil 250 cc silinder tunggal dengan 60 hp," kata Luca Boscoscuro.

"Menurut pendapat saya, mereka membutuhkan motor yang lebih besar dengan mesin yang lebih bertenaga untuk kelas Moto3," lanjutnya.

"Bukan hanya karena rookie yang kini berusia 18 tahun, tetapi juga karena jarak antara mesin 250 cc dan mesin tiga silinder 765 cc di Moto2 menjadi terlalu besar," tambah Luca Boscoscuro.

"Anda harus mempertimbangkan apakah harus beralih ke mesin dua silinder dengan 400 atau 500 cc untuk Kejuaraan Dunia Moto3," sambungnya.

Baca Juga: Mekanik yang Tendang Pembalap di MotoGP Thailand Dipecat Max Biaggi

"Aprilia, misalnya, memiliki mesin V2 500 cc yang sangat bagus yang menghasilkan 70 hp sebagai standar," jelas Luca Boscoscuro.

Source : Speedweek.com
Penulis : Indra Fikri
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular