Advertorial

Cara Mengetahui Kalau Oli Mobil Kamu Berkurang ala Otoklix

ADV PI - Rabu, 12 Oktober 2022 | 10:00 WIB
Dok. Otoklix
Flash Sale 10.10 Servis Ganti Oli Shell dari Otoklix.

Oli adalah salah satu hal yang memengaruhi kinerja sebuah mesin mobil. Kurangnya oli dapat berakibat pada kinerja kendaraan yang semakin menurun. Itulah sebabnya, oli mobil yang berkurang sangat berperan penting bagi mesin. Mulai dari pelumasan, membersihkan, hingga menyerap suhu panas.

Bagaimana mengetahui oli mobil berkurang? Salah satunya Anda bisa membawa mobil ke bengkel terdekat. Berikut ini adalah tanda kalau oli mobil kamu berkurang:

Tanda Oli Mobil Berkurang

  1. Lampu Indikator Oli Menyala

Tanda oli mobil kurang paling mudah dikenali adalah lampu indikator pelumas menyala. Dalam beberapa kasus, lampu indikator tidak menyala dengan jelas, tapi hanya berkedip. Namun, jika melihat lampu indikator oli menyala walau sebentar bisa jadi memang volume oli mobil kurang. Segera lakukan pengecekan untuk memastikan kuantitas oli mobil.

Baca juga: Motor dan Mobil Anda Bisa Dapat Fasilitas Pajak Gratis Selamanya Cepat Ajukan ke Samsat Ketahui Syaratnya

  1. Asap Knalpot Mobil Akan Berwarna

Mobil yang normal biasanya mengeluarkan asap dari knalpot yang tidak berwarna atau transparan.

Namun, mobil yang kekurangan oli akan mengeluarkan kepulan asap dari knalpot yang lebih pekat. Hal ini terjadi karena adanya penguapan oli dan ikut terbakar di ruang pembakaran mobil

Asap pekat dari knalpot juga sebagai tanda terjadi kebocoran pada ring piston atau seher pada mobil sehingga oli bocor dan masuk ke dalam piston.

Ketika menyalakan mobil, sebaiknya amati asap yang keluar dari knalpot mobil Anda untuk mencegah kerusakan pada mesin mobil.

  1. Posisi Oli Mesin Berada di Bawah Garis L Stik Oli

Tanda lain mobil kekurangan oli yaitu posisi ketinggian oli mesin berada di bawah garis L stik oli (dipstick).

Penulis : ADV PI
Editor : Wandha Nur Hidayat

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA