Motor Listrik Terobos Hujan Atau Banjir Bikin Kesetrum, Mitos Atau Fakta?

Muhammad Farhan,Indra Fikri - Rabu, 12 Oktober 2022 | 12:45 WIB
IG @jktinfo
Bikers harus melakukan persiapan jelang musim hujan.

MOTOR Plus-online.com - Motor listrik yang menerobos hujan atau banjir bisa bikin kesetrum, mitos atau fakta?

Masih banyak bikers yang khawatir dengan motor listrik terutama saat bertemu kondisi hujan atau kondisi jalanan tergenang air.

Banyak yang takut kalau motor listrik rawan korslet atau bermasalah jika dipakai dalam kondisi hujan atau saat lewat genangan air.

Faktanya, meski bertenaga listrik dan bertegangan tinggi, motor listrik bisa digunakan dengan aman layaknya motor bensin biasa saat kondisi hujan dan banyak genangan air.

"Sebab jenis arus yang digunakan sudah dirancang aman bagi pengguna motor, kalaupun terjadi korsleting sudah ada sekring yang berfungsi memutus arus secara otomatis," kata Ady Siswanto, owner bengkel Petrikbike di Bekasi, Jawa Barat.

Enggak sampai bikin tersengat listrik, seandainya nekat dipakai menerobos banjir paling parah komponen motor listrik hanya terjadi kerusakan.

"Komponen motor listrik sendiri dari pabrikan umumnya sudah dirancang kedap air, namun jika kondisinya terendam air tetap saja ada risiko korsleting," sambungnya.

Nah supaya aman dikendarai meski lewat genangan air, ternyata patokannya pun mudah buat kalian yang sudah biasa mengendarai motor bensin konvensional.

Baca Juga: Harga Motor Listrik Alva One yang Punya Jarak Tempuh 70 Km, Cicilan Termurah Rp 400 Ribuan

"Aman jika tinggi air hanya sekitar 20-30 cm dari permukaan jalan. Atau kondisi banjir dengan maksimal kedalaman setinggi dek kaki atau as roda motor," jelas Ady.

Lebih dari itu sebaiknya hindari saja dan cari jalan alternatif lain yang tidak tergenang air.

Bisa dibilang kalau ketemu genangan air atau banjir, antara pakai motor bensin dan motor listrik enggak ada bedanya tuh.

Kalau cuma hujan saja sih enggak akan terjadi masalah dan enggak perlu takut nyetrum juga naik motor listrik saat hujan.

Penulis : Muhammad Farhan
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.