Ada Kandungan Cairan Radiator pada Obat Sirup Anak, Kemenkes Gerak Cepat

Albi Arangga - Kamis, 20 Oktober 2022 | 13:39 WIB
Istimewa
Ilustrasi ada kandungan cairan radiator pada obat sirup anak.

MOTOR Plus-Online.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengambil tindakan cepat menyusul adanya rumor terdapat kandungan cairan radiator motor pada obat sirup anak.

Sempat heboh lantaran ada kandungan cairan radiator pada obat sirup paracetamol.

Rumor tersebut didasarkan atas fakta kasus kematian pada anak-anak yang menderita gangguan ginjal misterius di Gambia, benua Afrika.

Meninggalnya anak-anak di Gambia disinyalir akibat mengkonsumsi obat sirup paracetamol produksi Maiden Pharmaceutical Ltd, India.

Dan ternyata pada sirup paracetamol tersebut terdapat senyawa kimia etilen glikol merupakan salah satu kandungan pada cairan radiator. untuk motor maupun mobil.

Rupanya kasus orang yang meninggal dengan gangguan ginjal akut misterius juga telah terjadi di Indonesia.

Tercatat ada 99 orang meninggal dunia yang sebagian besar merupakan pasien Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta.

Pihak Kemenkes pun langusng mengambil langkah, yakni menginstruksikan tidak mengonsumsi obat sirup untuk sementara waktu imbas dari adanya kasus gangguan ginjal akut misterius.

Baca Juga: Heboh Bahaya Sirup Paracetamol Anak-anak, Ternyada Ada Kandungan Pembuat Cairan Radiator

Kemenkes juga telah meminta tenaga kesehatan tidak meresepkan obat sirup kepada pasien, serta apotek agar tidak menjual obat sirup.

Source : Kompas.com
Penulis : Albi Arangga
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular