Pertalite Jadi Irit Dicampur Setetes Minyak Kayu Putih Dari Hasil Penelitian Mahasiswa

Aong - Selasa, 25 Oktober 2022 | 22:41 WIB
Aong/MOTOR Plus-online
Pertalite dicampur minyak kayu putih jadi irit

MOTOR Plus-online.com - Harga Pertalite naik kepikiran agar jadi irit dalam pemakaian motor sehari-hari.

Pertalite jadi irit dicampur setetes minyak kayu putih dari hasil peneliatian mahasiswa bisa jadi solusi.

Mencampur Pertalite dengan minyak kayu putih bukan asal diterapkan di motor agar jadi irit.

Namun idenya berdasarkan karya ilmiah yang menyebut minyak kayu putih bisa membuat irit konsumsi Pertalite.

Penelitian minyak kayu putih dicampur BBM Penelitian itu ditulis Iwan Prasetyo Utomo dari Universitas Islam Malang pada 2017.

Judul penelitian Iwan yaitu "Pengaruh campuran minyak kayu putih pada Pertalite terhadap kinerja motor bensin Honda Supra X 125 R".

Iwan menyebutkan dalam bagian abstrak, hasil penelitian menunjukan pengaruh pencampuran aditif minyak kayu putih pada bahan bakar Pertalite terhadap peforma motor bakar, konsumsi motor bakar serta emisi gas yang dihasilkan.

Secara umum penambahan zat aditif minyak kayu putih menunjukan perbaikan performa di antaranya torsi dan daya daya yang lebih baik. Selain itu menurunkan konsumsi bahan bakar dibandingkan memakai Pertalite murni seta menghasilkan nilai gas buang yang lebih ramah lingkungan.

Baca Juga: Terbaru Harga Pertalite Dan BBM RON 90 Lain Usai Revvo 90 Resmi Dijual, Termahal Rp 14 Ribuan

Baca Juga: SPBU Vivo Gigit Jari, Pemerintah Larang Peredaran BBM RON 88 dan 89 di Indonesia Mulai 1 Januari 2023

"Simpulan dari penelitian ini adalah dengan menambahkan zat aditif minyak kayu putih sebesar 4ml menaikan performa motor bakar dan menurunkan konsumsi bahan bakar. Campuran Pertalite dan minyak kayu putih 8 ml menurunkan kadar CO dan HC secara drastis pada sepeda motor," tulis dia.

Sebelumnya Nugroho Arif Setyawan mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang juga menulis skripsi dengan tema serupa.

Skripsi berjudul "Pengaruh penambahan bioaditif minyak kayu putih pada bahan bakar Premium terhadap performa, konsumsi bahan bakar, dan emisi gas buang sepeda motor" ditulis pada 2015.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Pertalite Dicampur Minyak Kayu Putih Bikin Irit BBM? Ini Kata Ahli ITB.

Penulis : Aong
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.