Catat Tilang Manual Masih Masih Berlaku Polisi Kasih Tahu Jenis Pelanggaran yang Bisa Ditindak Langsung

Aong - Senin, 31 Oktober 2022 | 22:04 WIB
Instagram.com/tmcpoldametro
Ilustrasi tilang manual tetap berlaku, polisi kasih tahu pelanggaran yang bisa ditindak

MOTOR Plus-online.com - Jangan seenaknya berkendara meski tidak ada tulang manual karena polisi masih punya kewenangan menindak langsung.

Catat tilang manual masih berlaku polisi kasih tahu jenis pelanggaran yang bisa ditindak langsung di jalanan.

Dikatakan Kepolisian Daerah (Polda) Jabar, ada pengecualian jenis pelanggaran lalu lintas yang membuat polisi tetap bisa menerapkan tilang manual.

Kabid Humas Polda Jabar, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol), Ibrahim Tompo menjelaskan, pelanggaran yang membahayakan atau menyebabkan kecelakaan fatal tetap akan ditindak tegas.

Namun dia menekankan, penindakan terhadap pelanggar lalu lintas akan mengedepankan pendekatan persuasif dan edukasi.

"Jadi memang masih ada tilang selektif prioritas dan mengedepankan edukasi persuasif tadi," kata Ibrahim, dikutip dari TribunJabar.id, Jumat (28/10/2022).

Sebelumnya, Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Listyo Sigit Prabowo, melarang polisi lalu lintas (Polantas) melakukan tilang secara manual.

Instruksi tersebut tertuang dalam surat telegram Nomor: ST/2264/X/HUM.3.4.5./2022, per tanggal 18 Oktober 2022, yang ditandatangani oleh Kakorlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi, atas nama Kapolri.

Baca Juga: Selain Maksimalkan ETLE, Ini yang Dilakukan Polisi Setelah Dilarang Tilang Manual

Baca Juga: Melawan Arus Dapat Tilang, Pemotor di Magetan Kesurupan,

Penulis : Aong
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.